KRISNAWATI, DIYAN (2025) Analisis Strategi Pemasaran Digital Di Rumah Sakit Dr. Etty Asharto Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.
2171A0002-2025-abstrak.pdf
Download (202kB)
2171A0002-2025-bab1.pdf
Download (680kB)
2171A0002-2025-daftarpustaka.pdf
Download (342kB)
2171A0002-2025-fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang: Masuknya bidang pemasaran pada era digital menjadikan banyak perusahaan mengubah strategi, yang pada awalnya pemasaran hanya menggunakan media cetak, namun dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat pemasaran banyak dilakukan dengan media digital. Tidak hanya perusahaan produk, perusahaan jasa juga bisa memanfaatkan momen ini untuk menunjang perusahaan agar selalu berkembang, contohnya adalah rumah sakit. RSDEA sebagai salah satu layanan fasilitas kesehatan melakukan usaha tersebut dengan menjalin hubungan baik dengan pelanggan via digital. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi digital marketing di Rumah Sakit Dr. Etty Asharto Kota Batu. Metode: Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan strategi digital marketing di Rumah Sakit Dr. Etty Asharto sudah berjalan dengan mengintegrasikan dengan strategi konvensional, digital marketing dilakukan melalui sosial media. Implementasi digital marketing memiliki peran penting terkait reputasi Rumah Sakit Kesimpulan: Implementasi digital marketing Rumah Sakit Dr. Etty Asharto memiliki tujuan utama memperluas audiens, mempertahankan pasien lama dan menarik pasien baru melalui platform Instagram, WhatsApp, dengan berbagai konten menarik terkait pelayanan, Efektivitas pemasaran digital diukur melalui metrik engagement rate. Penyususn konten terstruktur dalam format kalender konten yang dikelola secara internal oleh petugas. Di samping itu juga terdapat tantangan berupa kebutuhan akan adaptasi berkelanjutan terhadap teknologi dan tren pemasaran digital, serta terkait demografi audiens yang didominasi oleh kelompok usia 45 tahun ke atas, yang mengakibatkan perlunya integrasi metode untuk mencapai efektivitas yang optimal. Saran: Sebaiknya rumah sakit memfasilitasi pendidikan pelatihan komprehensif bagi petugas meliputi pengetahuan digital, komunikasi dan peyusunan konten untuk meningkatkan engagement. Melakukan segmentasi audiens untuk penentuan konten dan target yang tepat
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Sosial Media |
| Subjects: | WA Public Health > WA 525-590 Health Administration and Organization |
| Divisions: | Fakultas FAKAR > S1 Administrasi Rumah Sakit |
| Depositing User: | Dyan Suwartiningsih |
| Date Deposited: | 14 May 2025 07:05 |
| Last Modified: | 14 May 2025 07:05 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/282 |
