Arinda, Delia Nur (2024) Penerapan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Setelah Bridging Bpjs Kesehatan Di Klinik Utama Mata Rawat Jalan Kepanjen Eye Center Tahun 2024. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.
2221A0026-2024-abstrak.pdf
Download (52kB)
2221A0026-2024-bab1.pdf
Download (165kB)
2221A0026-2024-daftarpustaka.pdf
Download (31kB)
2221A0026-2024-fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Dalam menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien, fasilitas pelayanan kesehatan termasuk klinik memerlukan sistem informasi kesehatan. Klinik Utama Mata Rawat Jalan Kepanjen Eye Center telah menjalankan sistem informasi kesehatan pada tahun 2018 dan telah melakukan bridging dengan BPJS Kesehatan pada bulan Oktober tahun 2022. Akan tetapi, pada sistem informasi pendaftaran pasien terdapat beberapa kendala yang dirasakan, seperti terjadinya input ganda data pasien baru, input ganda data kunjungan pasien, kunjungan pasien tidak terdata, tidak dapat memasukkan data pasien maupun kunjungan pasien, rujukan tidak terintegrasi dengan V-Claim BPJS untuk pasien BPJS, surat kontrol tidak terintegrasi dengan V-Claim BPJS ketika terjadi perubahan untuk pasien BPJS, serta sistem dan/atau jaringan lambat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi efektivitas sistem informasi pendaftaran pasien setelah melakukan bridging BPJS Kesehatan berdasarkan kriteria kecepatan pendaftaran, akurasi data, kepuasan pengguna, keamanan dan privasi, serta integrasi dengan sistem lain di Klinik Utama Mata Rawat Jalan Kepanjen Eye Center. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi dan bersifat deskriptif. Informan yang terlibat dalam penelitian ini sejumlah 14 informan, diantaranya 3 informan kunci yaitu petugas pendaftaran, 3 informan utama yaitu petugas rekam medis dan casemix, 3 informan pendukung yaitu petugas satpam, dan 5 informan pendukung yaitu pasien. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa kecepatan pendaftaran terbilang cepat dikarenakan proses pendaftaran dilakukan pada 1 sistem yang sama. Akurasi data cenderung positif dan akurat dikarenakan petugas dapat melakukan pengecekkan kembali pada data pasien di sistem. Kepuasan pengguna merasa puas dikarenakan petugas maupun pasien sangat dimudahkan dalam proses pendaftaran pasien. Keamanan dan privasi sangat aman dikarenakan pada sistem informasi pendaftaran tersedia username dan password, tetapi pada sistem antrean pasien (KIOS-K) tidak tersedia username dan password. Selain itu, Klinik Utama Mata Rawat Jalan Kepanjen Eye Center belum memiliki kebijakan atau SOP keamanan data. Integrasi internal maupun eksternal dengan BPJS Kesehatan cukup baik dan berjalan dengan lancar. Dari hasil penelitian, terdapat beberapa kendala yang dirasakan. Beberapa saran diberikan kepada pihak klinik untuk melakukan peningkatan kualitas dan keefektifan sistem informasi pendaftaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Pendaftaran Pasien, Bridging BPJS |
| Subjects: | WA Public Health > WA 525-590 Health Administration and Organization |
| Divisions: | Fakultas FAKAR > S1 Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Dyan Suwartiningsih |
| Date Deposited: | 19 May 2025 04:19 |
| Last Modified: | 19 May 2025 04:30 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/291 |
