Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompetensi Karyawan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Mojo Kabupaten Kediri

Rahayu, Rusiana (2024) Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kompetensi Karyawan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Mojo Kabupaten Kediri. Masters thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 2024 2251B1028 Rusiana Rahayu.docx.pdf] Text
2024 2251B1028 Rusiana Rahayu.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Puskesmas memiliki kewajiban memberikan suatu kepuasan pelayanan kepada pasien di setiap pelayanannya. Hal ini juga diatur permenkes No 30 Tahun 2022 tentang indikator nasional mutu salah satunya Puskesmas ditarget dalam memberikan kepuasan pasien. Maka dari itu Puskesmas harus menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas di lingkungannya. Dalam hal kepuasan pasien, banyak terdapat faktor yang dapat meningkatan pelayanan kesehatan yang dilakukan diantaranya yakni karyawan Puskesmas harus memiliki disiplin kerja dan memiliki kompetensi yang memadai agar tercapainya kepuasan atau harapan pasien dalam menerima pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin kerja dan kompetensi karyawan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Mojo Kabupaten Kediri. Populasi seluruh jumlah pasien yang datang berobat ke Puskesmas Mojo dari bulan Januari 2024 sampai April 2024 sebanyak 7.941 pasien. Teknik Pengambilan Sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 367 responden, pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner, analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian diperoleh pada uji F didapatkan nilai Fhitung (7,794) > Ftabel 3,02 dan nilai signifikansinya (0,000) < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa disiplin kerja dan kompetensi karyawan berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan pasien. Hal ini dapat diartikan semakin tinggi tingkat disiplin serta tingkat kompetensi karyawan maka akan berdampak pada peningkatan kepuasan pasien, sedangkan untuk Uji T didapatkan hasil nilai Thitung (3,162) > Ttabel 1,966 dan nilai signikansinya (0,002) < 0,05 untuk variabel disiplin kerja sehingga hal ini menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan disiplin kerja terhadap kepuasan pasien. Hal ini menunjukan juga meningkatnya kedisiplinan kerja akan berdampak juga meningkatnya kepuasan pasien. pada variabel kompetensi karyawan pada uji T diperoleh nilai Thitung (2,993) > Ttabel 1,966 dan nilai signikansinya (0,004) < 0,05 menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi karyawan terhadap kepuasan pasien. Hal ini menunjukan bahwa dengan tersedianya sumber daya manusia yang berkompeten dapat meningkatkan kepuasan pasien. Pada uji koefesien determinasi parsial diperoleh hasil R Square yakni 0,018 atau 1,8% disiplin kerja berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan R Square yakni 0,015 atau 1,5% kompetensi berpengaruh terhadap kepuasan pasien sehingga hal ini menunjukan disiplin kerja lebih berpengaruh dominan dari pada kompetensi karyawan terhadap kepuasan pasien rawat jalan Puskesmas Mojo Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Disiplin Kerja, Kompetensi Karyawan
Subjects: W General Medicine, Health Professions > W 1-28 Reference Work, General Works
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nunung Liberty
Date Deposited: 26 May 2025 05:40
Last Modified: 24 Aug 2025 17:01
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item
View Item