Nugroho, Agus (2023) HUBUNGAN SIKAP PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS NGRAYUN. Other thesis, IIK STRADA Indonesia.
abstrak ( Bahasa inggris ) - agus nugroho_watermark.pdf
Download (510kB)
2111A0161_Prabab-compressed.pdf
Download (987kB)
2111A0161_bab1 - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (293kB)
2111A0161_bab2 - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (463kB)
2111A0161_bab3 - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (608kB)
2111A0161_bab4 - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (397kB)
2111A0161_bab5 - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (302kB)
2111A0161_bab6 - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (157kB)
2111A0161_daftarpustaka - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (261kB)
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel yang
diamati dalam penelitian ini adalah sikap perawat dan kepuasan pasien. Populasi dalam penelitian ini
adalah sebanyak 212 orang pasien di ruang rawat inap Puskesmas Ngrayun, sementara jumlah sampel
dalam penelitian ini sebanyak 139 orang pasien yang dihitung berdasarkan rumus Slovin dengan
tingkat kesalahan 5%. Alat analisis data yang digunakan adalah Chi-square .
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: Sikap perawat di ruang rawat inap Puskesmas Ngrayun
termasuk dalam kategori Buruk ( 16,50%) , cukup (71,90%) dan baik (11,50%) , Kepuasan pasien
rawat inap di Ruang Rawat Inap Puskesmas Ngrayun termasuk dalam kategori Puas (79,90%) dan
tidak puas ( 20,10). Terdapat Hubungan Sikap Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat
Inap Di Puskesmas Ngrayun dengan nilai Asymp.Sig sebesar 0,000 (< 0.05), yang berarti bahwa
semakin baik penilaian responden terhadap sikap perawat, semakin tinggi tingkat kepuasan responden,
begitu pula sebaliknya.
Saran dalam penelitian ini, yaitu: 1) Mengadakan pelatihan atau bintek kepada setiap perawat,
2) Memberikan reward bagi perawat yang dinilai memiliki prestasi baik, 3) Menegakkan disiplin
terhadap perawat yang dinilai melanggar aturan kerja, 4) Hendaknya perawat bersikap antusias
terhadap setiap pelaksanaan pelayanan kepada pasien rawat inap.
Kata Kunci : Sikap Perawat, Kepuasan Pasien
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 150-190 Hospital Administration and Health Facility Administration |
| Divisions: | Fakultas Keperawatan dan Kebidanan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Awaludin Jihad |
| Date Deposited: | 01 Jul 2024 03:46 |
| Last Modified: | 01 Jul 2024 03:46 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/34 |
