HUBUNGAN SIKAP PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS NGRAYUN

Nugroho, Agus (2023) HUBUNGAN SIKAP PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS NGRAYUN. Other thesis, IIK STRADA Indonesia.

[thumbnail of abstrak ( Bahasa  inggris ) - agus nugroho_watermark.pdf] Text
abstrak ( Bahasa inggris ) - agus nugroho_watermark.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of 2111A0161_Prabab-compressed.pdf] Text
2111A0161_Prabab-compressed.pdf

Download (987kB)
[thumbnail of 2111A0161_bab1 - agus nugroho.pdf] Text
2111A0161_bab1 - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[thumbnail of 2111A0161_bab2 - agus nugroho.pdf] Text
2111A0161_bab2 - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[thumbnail of 2111A0161_bab3 - agus nugroho.pdf] Text
2111A0161_bab3 - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[thumbnail of 2111A0161_bab4 - agus nugroho.pdf] Text
2111A0161_bab4 - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[thumbnail of 2111A0161_bab5 - agus nugroho.pdf] Text
2111A0161_bab5 - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[thumbnail of 2111A0161_bab6 - agus nugroho.pdf] Text
2111A0161_bab6 - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[thumbnail of 2111A0161_daftarpustaka - agus nugroho.pdf] Text
2111A0161_daftarpustaka - agus nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel yang
diamati dalam penelitian ini adalah sikap perawat dan kepuasan pasien. Populasi dalam penelitian ini
adalah sebanyak 212 orang pasien di ruang rawat inap Puskesmas Ngrayun, sementara jumlah sampel
dalam penelitian ini sebanyak 139 orang pasien yang dihitung berdasarkan rumus Slovin dengan
tingkat kesalahan 5%. Alat analisis data yang digunakan adalah Chi-square .
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: Sikap perawat di ruang rawat inap Puskesmas Ngrayun
termasuk dalam kategori Buruk ( 16,50%) , cukup (71,90%) dan baik (11,50%) , Kepuasan pasien
rawat inap di Ruang Rawat Inap Puskesmas Ngrayun termasuk dalam kategori Puas (79,90%) dan
tidak puas ( 20,10). Terdapat Hubungan Sikap Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat
Inap Di Puskesmas Ngrayun dengan nilai Asymp.Sig sebesar 0,000 (< 0.05), yang berarti bahwa
semakin baik penilaian responden terhadap sikap perawat, semakin tinggi tingkat kepuasan responden,
begitu pula sebaliknya.
Saran dalam penelitian ini, yaitu: 1) Mengadakan pelatihan atau bintek kepada setiap perawat,
2) Memberikan reward bagi perawat yang dinilai memiliki prestasi baik, 3) Menegakkan disiplin
terhadap perawat yang dinilai melanggar aturan kerja, 4) Hendaknya perawat bersikap antusias
terhadap setiap pelaksanaan pelayanan kepada pasien rawat inap.
Kata Kunci : Sikap Perawat, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 150-190 Hospital Administration and Health Facility Administration
Divisions: Fakultas Keperawatan dan Kebidanan > S1 Keperawatan
Depositing User: Awaludin Jihad
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:46
Last Modified: 01 Jul 2024 03:46
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item
View Item