Hubungan Kepuasan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan RS Saiful Anwar Malang

Enno, Millania Fitri Luberzky (2024) Hubungan Kepuasan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan RS Saiful Anwar Malang. Masters thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2024 2251B1023 Millania - blm fix.docx.pdf] Text
2024 2251B1023 Millania - blm fix.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2251B1023 Cover.pdf] Text
2251B1023 Cover.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 2251B1023 Abstrak.pdf] Text
2251B1023 Abstrak.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 2251B1023 Bab 1.pdf] Text
2251B1023 Bab 1.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 2251B1023 Daftar Pustaka.pdf] Text
2251B1023 Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB)

Abstract

Kepuasan dan kualitas pelayanan merupakan dua faktor utama yang memengaruhi loyalitas pasien. Kepuasan pasien adalah tingkat kesenangan pasien terhadap pelayanan yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kepuasan pasien, kualitas pelayanan, loyalitas pasien dan menganalisis hubungan kepuasan pasien dan kualiatas pelayanan terhadap loyalitas pasien di instalasi rawat jalan RS Saiful Anwar Malang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan pada poli bedah di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel. Peneliti memilih sampel dengan menggunakan Purposive Sampling Technique. Penelitian ini menggunakan instrument Skala Likert. Pengambilan data penelitian menggunakan kuisioner berjumlah 40 butir pernyataan. Pengolahan data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu editing, coding, scoring, dan tabulating. Data penelitian dianalisis dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Berdasarkan hasil penelitian secara parsial kepuasan pasien (X1) mempunyai pengaruh terhadap Loyalitas Pasien (Y) dengan nilai sig 0,00 < α 0,05. Secara parsial kualitas pelayanan (X2) tidak berpengaruh terhadap loyalitas pasien (Y) dengan nilai sig 0,574 > α 0,05. Sedangkan secara kepuasan pasien (X1), kualitas layanan (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap loyalitas pasien (Y) dengan hasil uji fhitung 267.04 > ftabel 3,071 dengan probabilitas sig 0,000 < α 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara kepuasan pasien dan kualitas layanan secara bersama-sama terhadap loyalitas pasien di instalasi rawat jalan RS Saiful Anwar Malang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kepuasan Pasien adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap Loyalitas Pasien dibandingkan dengan Kualitas Pelayanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pasien, Pasien Rawat Jalan
Subjects: WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 150-190 Hospital Administration and Health Facility Administration
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nunung Liberty
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:28
Last Modified: 26 Aug 2025 02:44
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/370

Actions (login required)

View Item
View Item