Shangky, Wintya Danara (2024) Analisis Mutu Pelayanan, Waktu Tunggu, Dan Keselamatan Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Di Poli Gigi Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen. Masters thesis, Universitas STRADA Indonesia.
2024 2051B1047 Wintya Danara Shangky.doc
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
2051B1047 Abstrak.pdf
Download (127kB)
2051B1047 Bab 1.pdf
Download (383kB)
2051B1047 Daftar Pustaka.pdf
Download (218kB)
Abstract
Kepuasan pasien merupakan indikator kualitas pelayanan kesehatan, khususnya di bidang Kesehatan gigi dan mulut. Faktor-faktor seperti Kualitas Layanan, Waktu Tunggu, dan Keselamatan Pasien memainkan peran penting dalam membentuk pengalaman pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Gigi Tk. II RSUP Dr. Soepraoen Malang. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Kualitas Pelayanan, Waktu Tunggu, dan Keselamatan Pasien mempengaruhi kepuasan pasien dan mengidentifikasi faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap pengalaman pasien yang positif. Pendekatan kuantitatif, deskriptif-analitik. Teknik sampling menggunakan Purposive sampling dengan memilih 100 pasien yang pernah mengunjungi poliklinik gigi minimal satu kali. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner terstruktur skala Likert dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda, ANOVA, dan uji t untuk mengevaluasi hubungan antara variabel independen (kualitas layanan, waktu tunggu, keselamatan pasien) dan variabel dependen (kepuasan pasien). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif paling kuat terhadap Kepuasan Pasien (B=0.451, p=0.000), diikuti oleh Keselamatan Pasien (B=0.626, p=0.000). Waktu Tunggu memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap kepuasan (B=−0.079, p=0.000). Model regresi signifikan secara statistik (F=316.389, p=0.000). Penelitian ini menyimpulkan bahwa meningkatkan Kualitas Layanan dan Keselamatan Pasien sekaligus mengurangi Waktu Tunggu merupakan strategi penting untuk meningkatkan kepuasan pasien. Temuan ini memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti bagi penyedia layanan kesehatan untuk mengoptimalkan pemberian layanan dan perawatan pasien di bidang kedokteran gigi
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Mutu Pelayanan, Keselamatan Pasien, Kepuasan Pasien |
| Subjects: | WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 1-100 Reference Works. General Work WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 150-190 Hospital Administration and Health Facility Administration |
| Divisions: | Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Nunung Liberty |
| Date Deposited: | 05 Jun 2025 02:09 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 02:29 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/374 |
