Widyaastoeti, Sekardini Rachma (2024) Analisis Manajemen Piutang Pasien Dengan Penjamin Asuransi Guna Mencapai Target Pelunasan Piutang Di Persada Hospital Malang. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.
2271A0004-2024-abstrak.pdf
Download (36kB)
2271A0004-2024-bab1.pdf
Download (274kB)
2271A0004-2024-daftarpustaka.pdf
Download (207kB)
2271A0004-2024-full.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (940kB)
Abstract
Piutang rumah sakit adalah permasalahan signifikan yang berdampak langsung pada pelayanan kesehatan masyarakat. Hal ini dapat mengurangi kualitas layanan kesehatan, menghambat investasi dalam pengembangan fasilitas dan sumber daya manusia, serta meningkatkan risiko kegagalan pembayaran dan kerugian finansial bagi rumah sakit. Oleh karena itu, manajemen piutang yang efektif dan efisien sangat penting bagi Persada Hospital untuk mencapai target pelunasan piutang asuransi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi cara pengelolaan piutang asuransi yang efektif dan efisien, serta untuk memastikan perusahaan asuransi dapat memenuhi target yang telah disepakati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan triangulasi sumber dan metode, meliputi pengamatan langsung dan wawancara mendalam. Berbagai faktor yang mempengaruhi jumlah piutang pasien dengan penjamin asuransi yakni kebijakan asuransi kompleks, proses administrasi rumah sakit yang lambat, dan keterlambatan pembayaran dari perusahaan asuransi. Terkait pengukuran pembayaran di tinjau dari jumlah hari dari pengajuan klaim hingga pembayaran, persentase klaim yang dibayar tepat waktu, dan jumlah klaim yang tertunda atau ditolak penting untuk mengevaluasi kinerja proses penagihan. Serta strategi yang digunakan adalah penggunaan sistem teknologi informasi, pelatihan staf, dan peningkatan komunikasi dengan perusahaan asuransi dapat membantu rumah sakit meningkatkan kinerja penagihan. Maka dari itu, untuk terus mengembangkan sistem dan prosedur penagihan yang lebih efisien dan transparan. Melakukan standardisasi prosedur klaim asuransi, penggunaan sistem teknologi informasi, serta peningkatan komunikasi dan koordinasi dengan perusahaan asuransi dapat menjadi langkah-langkah strategis yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penagihan piutang pasien.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Piutang, Asuransi |
| Subjects: | W General Medicine, Health Professions > W 68-81 Access to Health Information and Health Care. Medical Economics |
| Divisions: | Fakultas FAKAR > S1 Administrasi Rumah Sakit |
| Depositing User: | Dyan Suwartiningsih |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:40 |
| Last Modified: | 16 Jun 2025 02:40 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/412 |
