Justanti, Chusnul (2025) Pengaruh Pemberian Sensori Integrasi Dan Treadmill Pada Perbaikan Sensoris Dan Behaviour Pada Anak Attention Deficit And Hyperactivity Disorder (ADHD). Masters thesis, Universitas STRADA Indonesia.
2025 225112102 Chusnul Justanti.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
225112102 Cover.pdf
Download (162kB)
225112102 Bab 1.pdf
Download (313kB)
225112102 Daftar Pustaka.pdf
Download (220kB)
Abstract
SPD (Sensory Processing Disorder) terjadi pada ADHD. Latihan fisik dengan treadmill dan sensori integrasi dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental individu dengan gangguan sensoris dan behaviour. Namun, penelitian yang secara khusus mengevaluasi pengaruh pemberian gabungan treadmill pada perbaikan sensoris dan perilaku pada anak-anak dengan SPD masih terbatas. Tujuan penelitian mengetahui nilai sensori dan nilai behaviour sebelum dan setelah pemberian sensori integrasi dan treadmill pada anak ADHD di Kreasi Center Bogor. Metode penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pre test post test one group desain. Hasil penelitian menunjukan kombinasi sensori integrasi dan treadmill efektif dalam meningkatkan nilai sensori dan menurunkan nilai perilaku pada anak ADHD. Nilai sensori meningkat sebesar 152,90 dan nilai behavior menurun sebesar 67,62. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi sensori integrasi dan treadmill dapat menjadi metode intervensi efektif untuk meningkatkan nilai sensori dan perilaku pada anak ADHD.Hasil penelitian menjadi acuan pengembangan program pendukung inklusif dan berbasis terapi fisik bagi siswa dengan kebutuhan khusus.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | ADHD, Sensory Integrasi, Treadmill, Nilai Sensori Behaviour |
| Subjects: | WS Pediatrics > WS 103-105 Growth and Development WS Pediatrics > WS 200-220 General Diseases of Children and Adolescents |
| Divisions: | Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Nunung Liberty |
| Date Deposited: | 12 Jun 2025 03:39 |
| Last Modified: | 24 Aug 2025 16:25 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/421 |
