Hudi, Khabib Khoirul (2024) Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Nirmala Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.
227160001-2024-abstrak.pdf
Download (69kB)
227160001-2024-bab1.pdf
Download (539kB)
227160001-2024-daftarpustaka.pdf
Download (160kB)
227160001-2024-full.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (727kB)
Abstract
Loyalitas pelanggan suatu variabel endogen yang disebabkan oleh kombinasi dari kepuasan pelanggan sehingga loyalitas pelanggan merupakan fungsi dari kepuasan pelanggan, jika hubungan antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan adalah positif, maka kepuasan pelanggan yang tinggi akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Nirmala Kota Kediri. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional dengan fokus penelitiannya diarahkan untuk akan menganalisis pengaruh mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Nirmala Kota Kediri. Jumlah populasi sejumlah 85 responden dan sampel sebanyak 70 responden yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Hasil temuan didapatkan bahwa sebagian besar responden menilai mutu pelayanan kategori baik sebanyak 55 responden (78,6%). Hampir seluruh responden menilai kepuasan kategori sangat puas sebanyak 66 responden (94,3%). Sebagian besar responden memiliki loyalitas kategori tinggi sebanyak 55 responden (78,6%). Berdasarkan hasil analisis Regresi Linear menunjukkan bahwa nilai p-value 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima jadi disimpulkan bahwa secara simultan ada pengaruh mutu pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Nirmala Kota Kediri dengan besaran pengaruh 71,8%. Pasien yang menerima layanan berkualitas tinggi cenderung lebih puas dan menunjukkan loyalitas yang lebih besar, seperti kembali untuk mendapatkan layanan di masa depan dan merekomendasikan rumah sakit kepada orang lain. Kepuasan pasien bertindak sebagai mediator penting antara mutu pelayanan dan loyalitas, memperkuat hubungan antara pengalaman layanan yang positif dan kesetiaan pasien.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Loyalitas & Mutu Pelayanan |
| Subjects: | WA Public Health > WA 300-395 Health Issues of Special Population Groups |
| Divisions: | Fakultas FAKAR > S1 Administrasi Rumah Sakit |
| Depositing User: | Dyan Suwartiningsih |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:20 |
| Last Modified: | 16 Jun 2025 02:20 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/433 |
