Analisis Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien, Kualitas Pelayanan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Siloam Kupang

Seran, Adriyani Nahak (2024) Analisis Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien, Kualitas Pelayanan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Siloam Kupang. Masters thesis, Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2024 2252B1023 Adriyani Nahak Seran.docx.pdf] Text
2024 2252B1023 Adriyani Nahak Seran.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pasien menjadi salah satu cara pendekatan yang cukup efektif dalam upaya menjaga mutu pelayanan dirumah sakit. Semakin sempurna kepuasan tersebut, semakin baik pula pelayanan dan kualitas yang diberikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan keselamatan pasien, kualitas pelayanan dan lingkungan kerja terhadap kepuasan pasien di rumah sakit. Metode penilitian termasuk penilitian korelasional dengan pendekatan cross sectional dan random sampling berjumlah 276 pasien di ruang rawat inap. Penilitian berlangsung selama bulan November 2023 sampai dengan Desember 2023. Hasil menujukan bahwa, 259 responden (93,8%) mengatakan baik dan 17 responden (6,2%) mengakatan cukup untuk penerapan sasaran keselamatan pasien, kualitas pelayanan 262 responden (94,9%) menjawab baik, 14 responden (5,1%) menjawab cukup, lingkungan kerja 263 responden (95.3%)
memberi jawab baik, 12 responden (4.3%) menjawab cukup dan 1 responden (0,4%) menjawab kurang, dan untuk kepuasan pasien 173 responden (62,7%) menjawab sangat puas dan 103 responden (37,3%) memberi jawaban puas. Hasil uji chi-square menujukan p-value 0,169 sehingga adanya hubungan kepuasan pasien dengan penerapan sasaran keselamatan pasien, nilai p-value 0,115 sehingga adanya hubungan kepuasan pasien dengan kualitas pelayanan, nilai p-value 0,2 sehingga adanya hubungan kepuasan pasien dengan lingkungan kerja. Direkomendasikan bagi pihak rumah sakit untuk tetap terus meningkatkan kepatuhan staf dalam penerapan sasaran keselamatan pasien, kualitas pelayanan dan lingkungan kerja yang konduktif sehingga meningkatkan rasa kepercayaan pasien dalam menentukan fasilitas kesehatan yang akan di gunakan dan pasien dapat memberikan penilain yang positif bagi masyarakat luas untuk menjadikan penilaian dan tolak ukur bagi masyarakat dalam penggunaan jasa layanan kesehatan yang ada di Rumah Sakit Siloam Kupang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sasaran Keselamatan Pasien, Kualitas Pelayanan, Lingkungan Kerja, Kepuasan Pasien
Subjects: W General Medicine, Health Professions > W 84-86 Health Services. Patients and Patient Advocacy
WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 1-100 Reference Works. General Work
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Keperawatan
Depositing User: Nunung Liberty
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:29
Last Modified: 24 Aug 2025 15:50
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item
View Item