Istiqomah, Istiqomah (2024) Analisis Sikap, Ketanggapan Dan Empati Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Siti Khodijah Kediri. Masters thesis, Universitas STRADA Indonesia.
2024 2252B1080 Istiqomah USI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Salah satu masalah utama dalam kepuasan pasien adalah kesenjangan antara harapan pasien dan kualitas layanan yang diterima. ketidakpuasan pasien sering kali muncul akibat adanya perbedaan antara ekspektasi pasien terhadap pelayanan kesehatan dan realitas yang mereka alami. Faktor-faktor seperti waktu tunggu yang lama, kurangnya informasi yang jelas dari tenaga medis, dan sikap petugas kesehatan yang kurang ramah menjadi penyebab utama ketidakpuasan. Secara internasional, survei yang dilakukan oleh Commonwealth Fund pada tahun 2020 di 11 negara maju menunjukkan adanya variasi yang signifikan dalam tingkat kepuasan pasien. Maka Pada penelitian ini di lakukan analisis sikap, ketanggapan dan empati perawat dengan metode observasi atau pengumpulan data dengan pengisian kuisioner. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh sikap, ketanggapan dan empati perawat terhadap tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Muhammadiyah Siti Khodijah Kediri. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional. Dengan sampel menggunakan sistematik random sampling sebanyak 288 responden. Analisa data menggunakan regresi linear . Hasil uji ststistik menunjukkan variable yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien adalah indicator ketanggapan dengan tingkat signifikansi sig 0.000 dan B 0.447. Berdasarkan hasil analisis Regresi Linear Berganda menunjukkan bahwa dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 maka H1 diterima jadi disimpulkan bahwa secara simultan ada pengaruh sikap, ketanggapan dan empati perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Siti Khodijah Kediri dengan besaran pengaruh 97,8%. Ketanggapan yang cepat dan efektif terhadap kebutuhan pasien berkontribusi besar dalam menciptakan pengalaman perawatan yang positif sehingga dapat meningkatkan kepuasann pasien.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Sikap, Empati, Ketanggapan, Kepuasan Pasien |
| Subjects: | WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 1-100 Reference Works. General Work WY Nursing > WY 1-49 Reference Works |
| Divisions: | Fakultas Pascasarjana > S2 Keperawatan |
| Depositing User: | Nunung Liberty |
| Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:27 |
| Last Modified: | 24 Aug 2025 15:36 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/450 |
