Rancang Bangun Aplikasi Mobile Penilaian Survei Kepuasan Masyarakat Berbasis Android (Studi Kasus: Puskesmas Bodag Kabupaten Trenggalek)

Nashriyah, Nafi'atun (2023) Rancang Bangun Aplikasi Mobile Penilaian Survei Kepuasan Masyarakat Berbasis Android (Studi Kasus: Puskesmas Bodag Kabupaten Trenggalek). Undergraduate thesis, IIK STRADA Indonesia.

[thumbnail of 1921B0023-2023-cover.pdf] Text
1921B0023-2023-cover.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 1921B0023-2023-abstrak.pdf] Text
1921B0023-2023-abstrak.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 1921B0023-2023-bab1.pdf] Text
1921B0023-2023-bab1.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 1921B0023-2023-daftarpustaka.pdf] Text
1921B0023-2023-daftarpustaka.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 1921B0023-2023-full.pdf] Text
1921B0023-2023-full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 1921B0023-2023-publikasi.pdf] Text
1921B0023-2023-publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)

Abstract

Survei Kepuasan Masyarakat merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas Bodag dalam melakukan evaluasi terhadap kualitas pelayanan mulai dari kualitas sarana dan prasarana, sikap dan perilaku petugas kesehatan baik medis, paramedis, serta administrasi. Pelaksanaan survei kepuasan di UPT Puskesmas Bodag sebelumnya masih dilakukan menggunakan survei kuesioner media kertas yang menimbulkan beberapa permasalahan dan dirasa kurang efesien. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui masalah yang dihadapi Puskesmas Bodag pada penerapan Survei Kepuasan Masyarakat guna memberikan usulan rancang aplikasi berbasis android sebagai pemecahan masalah dari adanya kendala yang dihadapi. Desain penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengembangan sistem menggunakan metode Low Fidelity Prototype. Subjek penelitian terdiri dari petugas survei dan pasien pengunjung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang didapatkan dengan menggunakan analisis kualitatif, bahwa permasalahan yang dihadapi pada penyelenggaraan Survei Kepuasan Masyarakat yaitu respon dan inisiatif pasien dalam melakukan pengisian kuesioner terbilang kurang, serta pelaksanaan survei dengan menggunakan metode kuesioner kertas juga cukup menyita waktu. Penelitian ini mengusulkan suatu sistem informasi aplikasi mobile Survei Kepuasan Masyarakat berbasis android. Hasil evaluasi desain menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi mobile Survei Kepuasan Masyarakat berbasis android dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan survei dan desain yang telah dibuat mudah dipahami. Sebagian besar informan setuju dengan adanya pengembangan aplikasi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sanitasi, Kepuasan Pasien
Subjects: W General Medicine, Health Professions > W 87-96 Professional Practice
Divisions: Fakultas FAKAR > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Dyan Suwartiningsih
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:17
Last Modified: 11 Jul 2024 06:17
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item
View Item