Analisis Kinerja Akses Dan Kualitas Public Safety Center (PSC) 119 Terhadap Kepuasan Pasien Di Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara

Angki, Pebri (2025) Analisis Kinerja Akses Dan Kualitas Public Safety Center (PSC) 119 Terhadap Kepuasan Pasien Di Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara. Masters thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2025 225212004 Pebri Angki.docx.pdf] Text
2025 225212004 Pebri Angki.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 225212004 Cover.pdf] Text
225212004 Cover.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 225212004 Abstrak.pdf] Text
225212004 Abstrak.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 225212004 BAB 1.pdf] Text
225212004 BAB 1.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 225212004 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
225212004 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Public Safety Center (PSC) 119 merupakan pelayanan kegawatdaruratan yang terintegrasi dan berbasis call center. Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan kualitas pelayanan di tempat pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Pengaruh, Kinerja, kualitas layanan, dan akses dengan kepuasan pasien Public Safety Center (PSC) 119 Dinas Kesehatan Tapanuli Utara Tahun 2024. Metode penelitian ini adalah analitik deskriptif dengan desain korelasional. Sebanyak 150 pasien yang pernah menggunakan layanan PSC 119 di 5 Puskesmas yang ada di idnas Kesehatan Tapanuli Utara menjadi responden dalam penelitian ini dan dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian mengunakan lembar kuesioner. Analisis data meliputi analisis univariat, analisis bivariat dan analisis multivariat menggunakan uji regresi logistic berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan uji Pearson Correlation dan ditemukan nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000 (p <2 0,05) yang berarti H1 diterima sehingga terdapat Pengaruh yang signifikan antara pengaruh Kinerja Petugas dengan Kepuasan pasien ambulans PSC 119, terdapat Pengaruh antara Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Ambulans PSC 119 Kabupaten Tapanuli Utara dengan hasil bahwa (2-tailed) yaitu 0,000 (p < 0,05), Pengaruh Akses dengan Kepuasan Pasien Oleh Perawat Ambulans PSC 119 Kabupaten Tapanuli Utara dengan hasil Semua variabel berkorelasi kuat dan positif terhadap kepuasan pasien (Coeff. Correlation >0,6) Variabel paling dominan yang berpengaruh dengan Pelayanan terhadap kepuasan yaitu empati dengan nilai p = 0,006. Diharapkan dinas kesehatan dapat meningkatkan fasilitas dan pelatihan secara berkala kepada seluruh petugas agar dapat memberikan layanan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pelayanan, Akses, Kepuasan dan PSC 119
Subjects: W General Medicine, Health Professions > W 84-86 Health Services. Patients and Patient Advocacy
WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 1-100 Reference Works. General Work
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Keperawatan
Depositing User: Nunung Liberty
Date Deposited: 14 Jun 2025 06:06
Last Modified: 24 Aug 2025 15:26
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/481

Actions (login required)

View Item
View Item