Aljani, Raka Molra (2024) Analisis Ketanggapan Dan Empati Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Klinik Bhayangkara Polres Magetan. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.
2221A0114-2024-abstrak.pdf
Download (68kB)
2221A0114-2024-bab1.pdf
Download (388kB)
2221A0114-2024-daftarpustaka.pdf
Download (126kB)
2221A0114-2024-full.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (761kB)
Abstract
Penilaian pasien terhadap pelayanan petugas kesehatan bersumber dari pengalaman pasien. Aspek pengalaman pasien dapat diartikan sebagai suatu perlakuan atau tindakan dari perawatan yang sedang atau pernah dijalani, dirasakan dan ditanggung oleh seseorang yang menggunakan pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh ketanggapan dan empati petugas kesehatan terhadap kepuasan pasien di Klinik Bhayangkara Polres Magetan. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional dengan fokus penelitiannya diarahkan untuk akan menganalisis pengaruh ketanggapan dan empati petugas kesehatan terhadap kepuasan pasien di Klinik Bhayangkara Polres Magetan. Jumlah populasi sejumlah 105 responden dan sampel sebanyak 70 responden yang diambil dengan teknik Accidental Sampling. Hasil temuan didapatkan bahwa sebagian besar responden menilai empati kategori baik sebanyak 55 responden (78,6%). Hampir seluruh responden menilai ketanggapan kategori cepat sebanyak 66 responden (94,3%). Sebagian besar responden sangat puas dengan pelayanan yang diberikan petugas kesehatan sebanyak 55 responden (78,6%). Berdasarkan hasil analisis Regresi Linear menunjukkan bahwa nilai p-value 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima jadi disimpulkan bahwa secara simultan ada pengaruh ketanggapan dan empati petugas kesehatan terhadap kepuasan pasien di Klinik Bhayangkara Polres Magetan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pasien cenderung merasa lebih puas dengan pelayanan kesehatan ketika petugas kesehatan menunjukkan empati, perhatian, dan pengertian terhadap kondisi serta kebutuhan mereka. Selain itu, ketanggapan yang cepat dan efektif dari petugas kesehatan terhadap keluhan dan pertanyaan pasien juga memiliki dampak positif terhadap kepuasan pasien.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Empati, Kepuasan & Ketanggapan |
| Subjects: | W General Medicine, Health Professions > W 68-81 Access to Health Information and Health Care. Medical Economics |
| Divisions: | Fakultas FAKAR > S1 Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Dyan Suwartiningsih |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 06:05 |
| Last Modified: | 16 Jun 2025 06:05 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/487 |
