Siswati, Heni (2024) Pengaruh Edukasi Pemberian Makan Bayi Dan Anak Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan, Perilaku Ibu Dan Status Gizi Baduta Stunting Di Kota Madiun. Masters thesis, IIK STRADA Indonesia.
2024_2151B2047_HENI SISWATI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15MB)
2151B2047_Cover.pdf
Download (135kB)
2151B2047_ABSTRAK.pdf
Download (191kB)
2151B2047_BAB I.pdf
Download (300kB)
2151B2047_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (306kB)
Abstract
Latar Belakang: Kekurangan gizi pada baduta dapat menimbulkan gangguan tumbuh kembang secara fisik, mental, sosial, dan intelektual. Baduta akan tumbuh normal dan memiliki status gizi baik jika mendapat asupan makan sesuai Angka Kecukupan Gizi. Untuk itu perlu peningkatan pengetahuan ibu dan mengubah perilaku ibu dalam memberikan makan kepada anak. Edukasi Pemberian Makan pada Bayi dan Anak dengan metode demonstrasi menjadi strategi krusial untuk meningkatkan pengetahuan ibu, menciptakan perilaku efektif, serta meningkatkan berat badan baduta.
Tujuan: Menganalisis pengaruh edukasi Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) terhadap pengetahuan dan perilaku ibu serta berat badan baduta.
Metode: Penelitian true experiment dengan pendekatan pre-test dan post-test control group design dengan jumlah sampel 33 ibu baduta stunting di kelompok eksperimen dan 33 ibu baduta stunting pada kelompok kontrol.
Hasil dan Analisis: Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden kelompok eksperimen yang berpengetahuan baik dari 12,1% meningkat menjadi 60,6% sedangkan pada kelompok kontrol dari 18,2% turun menjadi 15,2%. Responden kelompok eksperimen yang berperilaku efektif dari 21,2% meningkat menjadi 48,5% sedangkan pada kelompok kontrol dari 21,2% turun menjadi 18,2%. Baduta yang naik berat badannya pada kelompok eksperimen sebanyak 75,8% sedangkan pada kelompok kontrol hanya 39,4%. Hasil uji Paired Samples T Tes menunjukkan perbedaan pengetahuan, perilaku ibu, dan berat badan baduta sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok eksperimen dengan p value masing-masing 0,00. Tidak ada perbedaan signifikan pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah intervensi terhadap variabel pengetahuan dengan p value 0,909; perilaku dengan p value 0,447; dan berat badan baduta dengan p value 0,245. Hasil uji Independent Samples T Test menunjukkan hasil bahwa ada perbedaan pengetahuan, perilaku ibu dan berat badan baduta secara signifikan pada kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol dengan p value masing-masing 0,00.
Diskusi: Edukasi PMBA dengan metode demonstrasi berpengaruh terhadap pengetahuan, perilaku ibu serta status gizi baduta stunting. Metode demonstrasi mudah dipahami oleh ibu baduta dalam menerapkan pemberian makan pada anak secara adekuat.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Edukasi PMBA, Pengetahuan, Perilaku, Status Gizi |
| Subjects: | WS Pediatrics > WS 113-132 Child Care. Nutrition |
| Divisions: | Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Nunung Liberty |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 06:55 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 02:29 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/492 |
