Widyawati, Junistri (2024) Analisis Kualitas Layanan Person In Charge Terhadap Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Yakes Telkom Regional Kalimantan. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.
2221A0107-2024-abstrak.pdf
Download (106kB)
2221A0107-2024-bab1.pdf
Download (371kB)
2221A0107-2024-daftarpustaka.pdf
Download (103kB)
2221A0107-2024-full.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (469kB)
Abstract
Yakes Telkom memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan memberikan jaminan kesehatan terhadap karyawan dan pensiunan beserta keluarganya. Salah satu tujuan dibentuknya yayasan kesehatan untuk menjalin hubungan antara perusahaan dan karyawan dengan menyediakan fasilitas kesehatan bagi karyawan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan PIC terhadap kepuasan peserta jaminan kesehatan Yakes Telkom Regional Kalimantan. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional dengan fokus penelitiannya diarahkan untuk akan menganalisis pengaruh kualitas layanan PIC terhadap kepuasan peserta jaminan kesehatan Yakes Telkom Regional Kalimantan. Jumlah populasi sejumlah 70 responden dan sampel sebanyak 66 responden yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Hasil temuan didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki kualitas layanan kategori cukup sebanyak 33 responden (50,0%). Sebagian besar responden memiliki tingkat kepuasan kategori cukup puas sebanyak 36 responden (54,5%). Berdasarkan hasil analisis Regresi Linear menunjukkan bahwa nilai p-value 0,000 < 0,05 maka H1 diterima jadi disimpulkan bahwa ada pengaruh kualitas layanan PIC terhadap kepuasan peserta jaminan kesehatan Yakes Telkom Regional Kalimantan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang menerima layanan yang dapat diandalkan dan responsif merasa lebih percaya dan nyaman, yang pada gilirannya meningkatkan kepuasan mereka. Selain itu, empati dan jaminan yang diberikan oleh PIC melalui perhatian dan dukungan emosional juga berkontribusi besar dalam menciptakan pengalaman positif bagi peserta.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Jaminan Kesehatan, Kepuasan & Kualitas Pelayanan |
| Subjects: | WA Public Health > WA 900-950 Statistics. Surveys |
| Divisions: | Fakultas FAKAR > S1 Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Dyan Suwartiningsih |
| Date Deposited: | 18 Jun 2025 03:12 |
| Last Modified: | 18 Jun 2025 03:12 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/498 |
