Mayabubun, Albertina (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SKILL KELUARGA PERAWATAN PASCA STROKE DI RUMAH SAKIT DIAN HARAPAN. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.
Skripsi 23114064 Abstrak.pdf
Download (238kB)
Skripsi 23114064 Bab 1.pdf
Download (247kB)
Skripsi 23114064 daftar pustaka.pdf
Download (141kB)
Skripsi 23114064.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (956kB)
Abstract
Kurangnya pengetahuan dan keterampilan keluarga dalam merawat pasien pasca stroke dapat menghambat pemulihan dan meningkatkan risiko komplikasi. Pendidikan kesehatan diperlukan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan perawatan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan skill keluarga perawatan pasien pasca stroke di Rumah Sakit Dian Harapan. Metode penelitian ini menggunakan desain pra eksperimen dengan jumlah populasi sebanyak 35 orang didapatkan sampel sebanyak 32 dengan teknik purposive sampling. Instrumen menggunakan kuesioner dengan analisis uji wilcoxon. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pengetahuan keluarga sebelum dilakukan pendidikan kesehatan menunjukkan setengahnya memiliki pengetahuan c ukup sebanyak 16 orang (50,0%). Sesudah dilakukan pendidikan kesehatan menunjukkan hampir seluruhnya memiliki pengetahuan baik sebanyak 28 orang (87,5%). Skill keluarga sebelum dilakukan pendidikan kesehatan menunjukkan sebagian besar memiliki skill kurang sebanyak 19 orang (59,4%). Sesudah dilakukan pendidikan kesehatan menunjukkan sebagian besar memiliki skill cukup sebanyak 19 orang (59,4%). Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan keluarga melakukan perawatan pasca stroke di RS Dian Harapan Jayapura dengan p value 0,000 (0,05). Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap skill keluarga melakukan perawatan pasca stroke di RS Dian Harapan Jayapura dengan p value 0,000 (0,05). Pendidikan kesehatan efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga dalam merawat pasien pasca stroke. Dengan edukasi yang terstruktur, keluarga memahami cara merawat pasien, mulai dari mobilisasi, pencegahan komplikasi, hingga dukungan psikososial. Pelatihan langsung dan media edukasi membantu mereka menerapkan keterampilan dengan lebih percaya diri. Peningkatan pemahaman ini berkontribusi pada kualitas perawatan yang lebih baik, mempercepat pemulihan pasien, dan mengurangi risiko komplikasi.
Kata kunci : pendidikan kesehatan, pengetahuan, skill, perawatan pasca stroke
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keperawatan dan Kebidanan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Unnamed user with username hadi |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 05:52 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 05:52 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/601 |
