Analisis Pelayanan Pendaftaran Sisbro (Sistem Booking Online Rawat Jalan) Terhadap Kepuasan Pengguna Sisbro Di Poli Instalasi Rehabilitasi Medik Rsud Gambiran Kota Kediri

Afida, Nazahah Tahta (2024) Analisis Pelayanan Pendaftaran Sisbro (Sistem Booking Online Rawat Jalan) Terhadap Kepuasan Pengguna Sisbro Di Poli Instalasi Rehabilitasi Medik Rsud Gambiran Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2071B0010-2024-abstrak.pdf] Text
2071B0010-2024-abstrak.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 2071B0010-2024-bab1.pdf] Text
2071B0010-2024-bab1.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 2071B0010-2024-daftarpustaka.pdf] Text
2071B0010-2024-daftarpustaka.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 2071B0010-2024-fulltext.pdf] Text
2071B0010-2024-fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh pelayanan pendaftaran Sistem Booking Online Rawat Jalan (SISBRO) terhadap kepuasan pengguna di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Gambiran Kota Kediri. Kepuasan pasien merupakan indikator penting kualitas layanan kesehatan yang dapat mempengaruhi loyalitas dan rekomendasi pasien. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 148 responden yang merupakan pengguna layanan SISBRO. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dengan perangkat lunak SPSS versi 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pelayanan pendaftaran SISBRO terhadap kepuasan pengguna (p < 0,05). Variabel kualitas pelayanan menunjukkan pengaruh terbesar terhadap kepuasan pengguna dengan kontribusi sebesar 31,1%. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas pelayanan pendaftaran SISBRO dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Penelitian ini membuktikan bahwa pelayanan pendaftaran yang baik dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Hal ini penting bagi rumah sakit untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendaftaran guna memastikan kepuasan dan loyalitas pasien. Penelitian ini juga menegaskan perlunya pengelolaan data dan pelayanan pendaftaran yang efisien untuk mendukung sistem informasi di rumah sakit. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pelayanan pendaftaran SISBRO dan kepuasan pengguna. Peningkatan kualitas pelayanan pendaftaran dapat mempercepat proses pendaftaran dan meningkatkan kepuasan pengguna layanan di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Gambiran Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pengguna, kualitas pelayanan, pelayanan pendaftaran, RSUD Gambiran, SISBRO
Subjects: WA Public Health > WA 900-950 Statistics. Surveys
Divisions: Fakultas FAKAR > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Dyan Suwartiningsih
Date Deposited: 02 Aug 2025 05:32
Last Modified: 02 Aug 2025 05:32
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item
View Item