Ningtyas, Sekar Rochmah (2024) “Pengaruh Service Excellence Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Jalan Rsud Gambiran Kota Kediri”. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.
2071B0009-2024-abstrak.pdf
Download (259kB)
2071B0009-2024-bab1.pdf
Download (510kB)
2071B0009-2024-daftarpustaka.pdf
Download (199kB)
2071B0009-2024-fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Peningkatan kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan yang berkualitas dan persaingan yang semakin ketat antar rumah sakit di era globalisasi menjadi faktor kritis untuk kepuasan dan kepercayaan pasien sehingga perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh service excellence terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat jalan RSUD Gambiran Kota Kediri. Komponen service excellence yang dianalisis meliputi sikap, penampilan, perhatian, tindakan, dan tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pendekatan cross sectional di RSUD Gambiran Kota Kediri. Sampel yang digunakan sebanyak 54 pasien rawat jalan baru yang dihitung menggunakan software Gpower dengan teknik purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepuasan pasien, sedangkan variabel independen adalah service excellence. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kemudian dianalisis menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara service excellence dengan kepuasan pasien (p=0,001,b=0,516). Kepuasan pasien akan meningkat dengan adanya service excellence dari semua karyawan melalui pelatihan service excellence. Hal ini penting agar karyawan memiliki pengetahuan dan kesadaran untuk selalu memberikan pelayanan yang prima serta meningkatkan kecepatan respon dan akurasi dalam memberikan informasi dan layanan medis. Selain itu, memastikan semua staf medis dan non-medis mengenakan seragam yang rapi dan bersih serta memiliki identitas yang jelas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | service excellence, kepuasan pasien, rawat jalan |
| Subjects: | WA Public Health > WA 525-590 Health Administration and Organization |
| Divisions: | Fakultas FAKAR > S1 Administrasi Rumah Sakit |
| Depositing User: | Dyan Suwartiningsih |
| Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:36 |
| Last Modified: | 04 Aug 2025 03:36 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/622 |
