Firasti Tamara, Intan (2024) ANALISA KINERJA PERAWAT DESA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DESA TANGKIL DI POSYANDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS BODAG KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN TRENGGALEK. Undergraduate thesis, IIK STRADA Indonesia.
INTAN FIRASTI TAMARA Daftar Pustaka.pdf
Download (5MB)
INTAN FIRASTI TAMARA Bab 1.pdf
Download (5MB)
INTAN FIRASTI TAMARA Abstrak.pdf
Download (5MB)
INTAN FIRASTI TAMARA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
INTAN FIRASTI TAMARA Lampiran.pdf
Download (5MB)
Abstract
ANALISA KINERJA PERAWAT DESA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN
MASYARAKAT DESA TANGKIL DI POSYANDU WILAYAH KERJA
PUSKESMAS BODAG KECAMATAN PANGGUL KABUPATEN
TRENGGALEK
Intan Firasti Tamara, Aprin Rusmawati
Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia
Email : intanfira99@gmail.com
Salah satu permasalahan yang sering dihadapi saat ini adalah ketidakpuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di posyandu dikarenakan masih kurangnya kinerja Perawat Desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kinerja Perawat Desa Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Desa Tangkil Di Posyandu.
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional. Responden diambil dengan teknik Proporsional Random Sampling. Populasi yang diteliti seluruh anggota posyandu Desa Tangkil sampel 215 responden. Variabel Independen yang diteliti adalah Kinerja Perawat Desa Tangkil. Variabel Dependen adalah Tingkat Kepuasan Masyarakat. Hasilnya dianalisis dengan menggunakan uji statistic Regresi Ordinal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Perawat Desa diketahui bahwa lebih dari setengah responden dalam kategori Baik adalah sebanyak 118 (54,88%) responden. Tingkat kepuasan Masyarakat diketahui bahwa lebih dari setengah responden dalam kategori Sangat Puas adalah sebanyak 118 (54,88%) responden. Hasil analisa data menunjukkan bahwa tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan demikian Ada Pengaruh Kinerja Perawat Desa Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Desa Tangkil Di Posyandu.
Pelayanan Perawat Desa di posyandu yang berkualitas baik dari segi kegiatan pelaksanaan posyandu, ketanggapan Perawat Desa, upaya promotif dan preventif, dapat mempengaruhi kepuasan masyarakat waktu berkunjung ke posyandu. Dengan rasa puas tersebut akan mempengaruhi masyarakat untuk lebih aktif datang ke posyandu.
Kata Kunci : Kinerja Perawat Desa, Tingkat Kepuasan Masyarakat
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | WA Public Health > WA 300-395 Health Issues of Special Population Groups |
| Divisions: | Fakultas Keperawatan dan Kebidanan > S1 Keperawatan |
| Depositing User: | Unnamed user with username hadi |
| Date Deposited: | 12 Oct 2024 06:24 |
| Last Modified: | 12 Oct 2024 06:24 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/184 |
