Dukungan Guru Dengan Perilaku Bulling Anak Di SD Inpres Kenat Oh`em Kecamatan Amfoang Selatan Kabupaten Kupang provinsi Nusa Tenggara Timur

YANA TAMOES, SANTI (2022) Dukungan Guru Dengan Perilaku Bulling Anak Di SD Inpres Kenat Oh`em Kecamatan Amfoang Selatan Kabupaten Kupang provinsi Nusa Tenggara Timur. Undergraduate thesis, IIK STRADA Indonesia.

[thumbnail of SANTI YANA TAMOES Daftar Pustaka.pdf] Text
SANTI YANA TAMOES Daftar Pustaka.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of SANTI YANA TAMOES bab 1.pdf] Text
SANTI YANA TAMOES bab 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SANTI YANA TAMOES Abstrak.pdf] Text
SANTI YANA TAMOES Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SANTI YANA TAMOES.pdf] Text
SANTI YANA TAMOES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dukungan Guru Dengan Perilaku Bullying Anak Di SD Inpres Kenat
Oh’aem Kecamatan Amfoang Selatan Kabupaten Kupang
Provinsi Nusa Tenggara Timur
Santiyana Tamoes¹, Intan Fazrin²
¹Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia
²Fakultas Keperawatan Dan Kebidanan
E-mail : santiyanatamoes@gmail.com
Latar Belakang :Akhir-akhir ini perilaku bully telah menjadi tren dan mulai ditiru oleh
anak-anak dikalangan sekolah dasar. Kurangnya dukungan guru memicu terjadinya
tindakan bully pada anak seperti mengejek sesama teman, menjahili dengan kata-kata,
usil dengan perbuatan bahkan perbutan yang berbau dengan kekerasan. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui Hubungan Dukungan Guru Dengan Perilaku Bullying Anak
Di SD Inpres KenatOh’aem Kecamatan Amfoang Selatan Kabupaten KupangProvinsi
Nusa Tenggara Timur.
Metode :Desain penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional.
Responden diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel sebanyak 35 orang
dari total populasi 38orang. Variabel independen adalah Dukungan Guru dan variabel
dependen adalah Perilaku Bullying Anak. Hasil uji statistik menggunakan spearman
rank.
Hasil : Hasil penelitian menunjukan bahwa Dukungan Guru diketahui hampir seluruh
responden sebanyak 28 (80%) dalam kategori baik.Perilaku Bullying Anak diketahui
sebagian besar responden sebanyak 29 (83%) responden dalam kategori ringan.
Analisis :Hasil analisa data menunjukan bahwa tingkat signifikansi 0,000 < α = 0,05
sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan demikian ada Dukungan Guru Dengan
Perilaku Bullying Anak Di SD Inpres KenatOh’aem Kecamatan Amfoang Selatan
Kabupaten KupangProvinsi Nusa Tenggara Timur.
Kesimpulan :Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa dengan adanya
dukungan guru yang baik sehingga dapat mencegah perilaku bullying pada anak sekolah
dasar.
Kata Kunci : Bullying, Dukungan Guru, Perilaku

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: WA Public Health > WA 108-245Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Keperawatan dan Kebidanan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with username hadi
Date Deposited: 12 Dec 2024 03:13
Last Modified: 12 Dec 2024 03:13
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item
View Item