Agustina, Ika (2025) Analisis Pelaksanaan Pelayanan Pasien Poli Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rsud Dr. Harjono S Ponorogo. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.
232140056-2025-abstrak.pdf
Download (142kB)
232140056-2025-bab1.pdf
Download (945kB)
232140056-2025-daftarpustaka.pdf
Download (800kB)
232140056-2025-fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kepuasan pasien merupakan faktor utama serta tolak ukur keberhasilan sebagai hasil pelayanan yang diberikan kepada pelanggan yang berdampak terhadap jumlah kunjungan pasien yang meningkat sehingga pasien yang puas akan pelayanan cenderung akan kembali. Perilaku petugas saat melayani pasien dan waktu tunggu pada saat pelayanan adalah beberapa indikator yang sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan waktu tunggu dan perilaku petugas pada saat melayani pasien di poli rawat jalan RSUD Dr. Harjono S Ponorogo terhadap kepuasan pasien.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode survey analitik deskriptif menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang berkunjung di Rawat Jalan RSUD Dr. Harjono S. Ponorogo yaitu poli bedah, poli syaraf, poli mata, poli paru, dan poli jantung dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah waktu tunggu dan perilaku petugas sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian dari 366 responden tersebut menyatakan bahwa sebagian besar responden merasa waktu tunggu cepat sebanyak 194 reponden dengan prosentase 53% sedangkan responden yang merasa waktu tunggu kurang cepat sebanyak 38 responden dengan prosentase 10%. Responden yang merasa perilaku petugas baik sebanyak 223 responden dengan prosentase 61% sedangkan responden yang merasa perilaku petugas kurang baik sejumlah 29 orang dengan prosentase 8 %. Responden yang merasa puas terhadap pelayanan sebanyak 190 responden dengan prosentase 52 % sedangkan yang merasa kurang puas terhadap pelayanan sejumlah 26 orang dengan prosentase 7 % Hasil dari analisis uji korelasi Spearman didapatkan hasil dari variabel waktu tunggu dan perilaku petugas terhadap kepuasan pasien yaitu 0,000 < 0,05 artinya waktu tunggu dan perilaku petugas mempunyai hubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Waktu tunggu yang cepat dan perilaku petugas yang baik dapat meningkatkan kepuasan pasien.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | waktu tunggu, perilaku petugas, kepuasan pasien |
| Subjects: | W General Medicine, Health Professions > W 84-86 Health Services. Patients and Patient Advocacy |
| Divisions: | Fakultas FAKAR > S1 Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Dyan Suwartiningsih |
| Date Deposited: | 08 May 2025 07:20 |
| Last Modified: | 08 May 2025 07:20 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/276 |
