Pengaruh Waktu Tunggu Dan Ketersediaan Sarana Prasarana Dengan Kepuasan Pasien Di Poli Ortopedi Rsud Dr. Harjono S. Ponorogo

Trapsilowati, Anike Wahyu (2025) Pengaruh Waktu Tunggu Dan Ketersediaan Sarana Prasarana Dengan Kepuasan Pasien Di Poli Ortopedi Rsud Dr. Harjono S. Ponorogo. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of 232140055-2025-abstrak.pdf] Text
232140055-2025-abstrak.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 232140055-2025-bab1.pdf] Text
232140055-2025-bab1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 232140055-2025-daftarpustaka.pdf] Text
232140055-2025-daftarpustaka.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of 232140055-2025-fulltext.pdf] Text
232140055-2025-fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagian besar masyarakat mengeluh dan merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit, baik dari segi pemeriksaan yang kurang diperhatikan oleh petugas kesehatan, keterampilan petugas, sarana atau fasilitas yang kurang memadai, serta waktu tunggu yang lama untuk mendapatkan pelayanan, sehingga pasien merasa kurang puas dan menceritakan kepada rekan-rekannya sehingga mutu pelayanan rumah sakit dapat berkurang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh waktu tunggu, ketersediaan sarana prasarana dengan kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode survey analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang berkunjung di Poli Ortopedi RSUD Dr. Harjono S. Ponorogo dengan menggunakan teknik non propabality sampling. Variabel independent dalam penelitian ini adalah waktu tunggu dan ketersediaan sarana prasarana sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pasien Pada penelitian menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan Uji Spearman rho. Dari total 162 responden, 23 reponden mengatakan waktu tunggu lama dan 139 responden mengatakan waktu tunggu cepat, 27 responden mengatakan ketersediaan sarana prasarana buruk dan 135 mengatakan ketersediaan sarana prasarana baik, 7 responden mengatakan tidak puas dan 155 responden mengatakan puas atas layanan di poli ortopedi. Hasil analisis data dengan Uji Spearman’s rho, pada derajat kemaknaan α = 0,05 didapatkan hasil uji statistik dengan nilai signifikansi > 0,05 yang berarti Ho ditolak, artinya tidak ada pengaruh waktu tunggu ketersediaan sarana prasarana dengan kepuasan pasien di Poli Ortopedi RSUD Dr. Harjono S. Ponorogo. Waktu tunggu yang cepat, sarana prasarana yang baik dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: waktu tunggu, sarana prasarana, kepuasan pasien
Subjects: WA Public Health > WA 795-830 Housing. Buildings. Public Facilities
Divisions: Fakultas FAKAR > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Dyan Suwartiningsih
Date Deposited: 08 May 2025 07:46
Last Modified: 08 May 2025 07:46
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item
View Item