Analisis Penggunaan Registrasi Online, Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di RSUD Kota Mataram Dengan Menggunakan Teori TAM (Technology Of Acceptance Model)

Ningsih, Putu Oka Prasetia (2024) Analisis Penggunaan Registrasi Online, Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di RSUD Kota Mataram Dengan Menggunakan Teori TAM (Technology Of Acceptance Model). Masters thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 2024 225112034 Putu Oka.docx.pdf] Text
2024 225112034 Putu Oka.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sistem registrasi on site seringkali menimbulkan berbagai permasalahan seperti antrian panjang dan waktu tunggu yang lama di ruang antri, terdapatkan kemungkinan kesalahan input data akibat dilakukan secara manual, ketidaknyamanan pasien, hingga kesulitan akses bagi pasien jarak jauh. Karena itu sistem pendaftaran online diperlukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Salah satu pendekatan teori yang dapat digunakan untuk sistem pendaftaran online adalah teori technology acceptance model (TAM). Jika aspek- aspek dalam TAM tersebut memenuhi ekspektasi pasien maka akan menciptakan kepuasan pasien yang pada akhirnya menghasilkan pasien yang loyal. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh persepsi kemudahan penggunaan (perceived of easy use) dan persepsi kegunaan (perceived of usefulness) terhadap penggunaan registrasi online dan mengetahui pengaruh implementasi registrasi online terhadap kepuasan dan loyalitas pasien. Jenis penelitian adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di RSUD Kota Mataram, dengan jumlah sampel sebanyak 188 responden. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik convenience sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner tertutup dengan skala Likert. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan SEM (structural equation modelling) berbasis covarian yakni PLS (Partial Least Square) melalui SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persepsi kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan sistem registrasi online (t-stat: 4,603 > 1,96); persepsi kegunaan berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan sistem registrasi online (t-stat: 3,697 > 1,96); sikap pengguna berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan sistem registrasi online (t-stat: 4,952 > 1,96); penggunaan registrasi online berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien (t-stat: 6,503 > 1,96); penggunaan registrasi online berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pasien (t-stat: 3,730 > 1,96); dan kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pasien (t-stat: 4,840 > 1,96).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Registrasi; Kepuasan; Loyalitas
Subjects: WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 150-190 Hospital Administration and Health Facility Administration
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nunung Liberty
Date Deposited: 04 Jun 2025 04:27
Last Modified: 24 Aug 2025 16:47
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item
View Item