Pengaruh Mutu Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil Di Puskesmas Kwamki Kabupaten Mimika

Tandung, Maria Rante (2024) Pengaruh Mutu Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil Di Puskesmas Kwamki Kabupaten Mimika. Masters thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2024 2251B1022 Maria Rante T.doc.pdf] Text
2024 2251B1022 Maria Rante T.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2251B1022 Cover.pdf] Text
2251B1022 Cover.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 2251B1022 Abstrak.pdf] Text
2251B1022 Abstrak.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 2251B1022 Bab 1.pdf] Text
2251B1022 Bab 1.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 2251B1022 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
2251B1022 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak adalah dengan Pelayanan KIA yang bermutu. Pelayanan KIA yang bermutu akan memberikan kepuasan kepada pasien. Kepuasan pasien merupakan reaksi terhadap perasaan yang muncul akibat pelayan yang diperoleh dengan memberi perbandingan hal yang diinginkan. Kepuasan ibu hanil akan semakin meningkat jika pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhannya.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Pengaruh Mutu (tangible, reliable, responsiveness, assurance, empathy) Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil Dipuskesmas Kwamki Kabupaten Mimika. Jenis penelitian ini adalah Observasional Analitik. Penelitian ini menggunakan rancangan crossectional. Responden di ambil dengan teknik simple random Sampling. Populasi semua ibu hamil Di Puskesmas Kwamki Kabupaten Mimika. Besar sampel sebanyak 103 ibu hamil. Variabel independen yaitu Wujud nyata, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Kepedulian. Variabel dependen yaitu Kepuasana. Uji statistik menggunakan Regresi ordinal. Ada pengaruh mutu Wujud nyata (tangible) Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil dengan nilai signifikansi sebesar 0,004, Ada pengaruh mutu Kehandalan (reliable) Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil dengan nilai signifikansi sebesar 0,043, Ada pengaruh mutu Ketanggapan (responsiveness) Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil dengan nilai signifikansi sebesar 0,042, Ada pengaruh mutu Jaminan (assurance) Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil dengan nilai signifikansi sebesar 0,032, Ada pengaruh mutu Jaminan (assurance) Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil dengan nilai signifikansi sebesar 0,045. Mutu pelayanan KIA yang baik akan meningkatkan meningkatkan kepuasan ibu hamil, sehingga diharapkan akan meningkatkan pemanfaatan pelayanan KIA oleh ibu hamil.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan, Ibu Hamil
Subjects: WQ Obstetrics > WQ 200-212 Reproduction. Pregnancy
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nunung Liberty
Date Deposited: 04 Jun 2025 06:39
Last Modified: 25 Aug 2025 02:32
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item
View Item