Tandung, Maria Rante (2024) Pengaruh Mutu Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil Di Puskesmas Kwamki Kabupaten Mimika. Masters thesis, Universitas STRADA Indonesia.
2024 2251B1022 Maria Rante T.doc.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
2251B1022 Cover.pdf
Download (114kB)
2251B1022 Abstrak.pdf
Download (203kB)
2251B1022 Bab 1.pdf
Download (273kB)
2251B1022 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (223kB)
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak adalah dengan Pelayanan KIA yang bermutu. Pelayanan KIA yang bermutu akan memberikan kepuasan kepada pasien. Kepuasan pasien merupakan reaksi terhadap perasaan yang muncul akibat pelayan yang diperoleh dengan memberi perbandingan hal yang diinginkan. Kepuasan ibu hanil akan semakin meningkat jika pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhannya.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Pengaruh Mutu (tangible, reliable, responsiveness, assurance, empathy) Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil Dipuskesmas Kwamki Kabupaten Mimika. Jenis penelitian ini adalah Observasional Analitik. Penelitian ini menggunakan rancangan crossectional. Responden di ambil dengan teknik simple random Sampling. Populasi semua ibu hamil Di Puskesmas Kwamki Kabupaten Mimika. Besar sampel sebanyak 103 ibu hamil. Variabel independen yaitu Wujud nyata, Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Kepedulian. Variabel dependen yaitu Kepuasana. Uji statistik menggunakan Regresi ordinal. Ada pengaruh mutu Wujud nyata (tangible) Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil dengan nilai signifikansi sebesar 0,004, Ada pengaruh mutu Kehandalan (reliable) Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil dengan nilai signifikansi sebesar 0,043, Ada pengaruh mutu Ketanggapan (responsiveness) Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil dengan nilai signifikansi sebesar 0,042, Ada pengaruh mutu Jaminan (assurance) Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil dengan nilai signifikansi sebesar 0,032, Ada pengaruh mutu Jaminan (assurance) Pelayanan KIA Terhadap Kepuasan Ibu Hamil dengan nilai signifikansi sebesar 0,045. Mutu pelayanan KIA yang baik akan meningkatkan meningkatkan kepuasan ibu hamil, sehingga diharapkan akan meningkatkan pemanfaatan pelayanan KIA oleh ibu hamil.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Mutu Pelayanan, Kepuasan, Ibu Hamil |
| Subjects: | WQ Obstetrics > WQ 200-212 Reproduction. Pregnancy |
| Divisions: | Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Nunung Liberty |
| Date Deposited: | 04 Jun 2025 06:39 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 02:32 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/367 |
