Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Tingkat Kepuasan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Untuk Berobat Di Puskesmas Watukenongo Kabupaten Mojokerto

Amáni, Tartilah Nur (2025) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Tingkat Kepuasan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Untuk Berobat Di Puskesmas Watukenongo Kabupaten Mojokerto. Masters thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2025 225112004 Tartilah Nur A.docx.pdf] Text
2025 225112004 Tartilah Nur A.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 225112004 Prabab.pdf] Text
225112004 Prabab.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of 225112004 Bab 1.pdf] Text
225112004 Bab 1.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 225112004 Daftar Pustaka.pdf] Text
225112004 Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB)

Abstract

Meningkatnya kualitas pelayanan dan fasilitas yang mendukung akan memberikan kepuasan pasien. Apabila pasien merasa puas terhadap pelayanan kesehatan yang diterima, apabila pasien tersebut membutuhkan pelayanan kesehatan mereka akan cenderung minat melakukan kunjungan ulang untuk berobat ke puskesmas watukenongo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan tingkat kepuasan terhadap minat kunjungan ulang di Puskesmas watukenongo. Metode penelitian menggunakan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di poli rawat jalan Puskesmas watukenongo dimulai bulan Juni-Oktober 2024, Sampel pada penelitian sebanyak 165 pasien yaitu pasien baru, pasien umum dan pasien yang berada di wilayah puskesmas watukenongo dan mendapatkan pelayanan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis univariat, chi square dan uji regresi logistik berganda. Hasil uji chi square adalah kualitas pelayanan (p value 0,0371 < 0,05) berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan ke Puskesmas Watukenongo, fasilitas (p value 0,009<0,05) berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan ulang, kepuasan (p value 0,005<0,05) berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan ke Puskesmas watukenongo. Dari hasil uji regresi logistik yaitu, kepuasan dengan p-value 0,0043 dan OR/ (Exp(B))= 2,217, fasilitas dengan p-value 0,0015 dan OR/ (Exp(B))= 3,942, kualitas pelayanan kesehatan dengan p-value 0,0016 dan OR/ (Exp(B))= 4,436. Kesimpulannya bahwa kualitas pelayanan, fasilitas dan tingkat kepuasan mempengaruhi minat kunjungan ulang ke Puskesmas Watukenongo. Namun, untuk pasien yang merasa puas lebih berpengaruh 4,436 kali untuk menarik minat kunjungan ulang ke Puskesmas Watukenongo.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Tingkat Kepuasan
Subjects: WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 1-100 Reference Works. General Work
WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 150-190 Hospital Administration and Health Facility Administration
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nunung Liberty
Date Deposited: 11 Jun 2025 08:10
Last Modified: 24 Aug 2025 16:20
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item
View Item