Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. II Balikpapan

Rivaldi, Achmad (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. II Balikpapan. Masters thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2025 2251B1106 Achmad Rivaldi.docx.pdf] Text
2025 2251B1106 Achmad Rivaldi.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 2251B1106 Cover.pdf] Text
2251B1106 Cover.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2251B1106 Bab 1.pdf] Text
2251B1106 Bab 1.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 2251B1106 Daftar Pustaka.pdf] Text
2251B1106 Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)

Abstract

Peningkatan pelayanan kesehatan diperlukan dalam memberikan kepuasan kepada pasien. Kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan kepuasan pengguna jasa layanan serta dapat memenuhi kebutuhan dan tututan setiap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit Bhayangkara TK. II Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di rumah sakit Bhayangkara Tk. II Balikpapan yang memenuhi kriteria inklusi dengan jumlah sampel 115 respondendengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel daya tanggap (0.000), variabel jaminan (0.000), variabel empathy (0.000) terhadap kepuasan pasien. Rumah sakit dapat mengawasi secara teratur pelayanannya dengan meningkatkan keamanan dan kenyamanan pasien serta mengutamakan kebutuhan dan keinginan pasien untuk mempertahankan kelebihan yang ada dan meningkatkan kualitas pelayanan pada indikator yang menurut pasien belum sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan variabel bukti fisik (0.120), variabel keandalan (0.307) tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bukti fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati
Subjects: WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 150-190 Hospital Administration and Health Facility Administration
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nunung Liberty
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:46
Last Modified: 22 Aug 2025 07:14
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item
View Item