Khotib, Ahmad (2024) Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Retensi Pasien Sebagai Indikator Kinerja RS Amelia Pare Kabupaten Kediri. Masters thesis, IIK STRADA Indonesia.
2024 2151B2002 Ahmad Khotib.docx.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
2151B2002_Cover.pdf
Download (109kB)
2151B2002_Abstrak.pdf
Download (209kB)
2151B2002_Bab I.pdf
Download (243kB)
2151B2002_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (243kB)
Abstract
Rumah Sakit Amelia Pare sebagai rumah sakit private harus mampu meningkatkan kinerja financial dan non financial sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Yayasan. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasan pasien di RS Amelia Pare dengan mengadopsi 5 dimensi Servqual dari A. Parasuraman, et all (tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty) serta pengaruhnya terhadap retensi pasien. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan sampel 100 responden pasien/ keluarga pasien rawat jalan dan rawat inap RS Amelia Pare. Data dianalisa dengan analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan variabel bebas yaitu kepuasan pasien, variabel terikat yaitu retensi pasien. Analisis statistik inferensial untuk membuktikan pengaruh kepuasan pasien terhadap retensi pasien. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien mendapatkan nilai rata-rata 4,25 dengan kategori baik. Dari uji t didapatkan empathy dan reliabilty secara parsial berpengaruh positif terhadap retensi pasien. Responsiveness dan assurance secara parsial tidak berpengaruh terhadap retensi pasien. Dari Uji F variabel bebas (kepuasan) secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikat (retensi Pasien). Retensi pasien di rumah sakit dipengaruhi oleh banyak faktor disamping kualitas dan kepuasan layanan, Customer Relationship Management (CRM), faktor tempat, komunikasi, kepercayaan, kompetensi karyawan, pemasaran dan lain-lain merupakan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap retensi pasien.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Rumah Sakit, Kepuasan Pasien, Retensi Pasien |
| Subjects: | W General Medicine, Health Professions > W 84-86 Health Services. Patients and Patient Advocacy WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 150-190 Hospital Administration and Health Facility Administration |
| Divisions: | Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Nunung Liberty |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:12 |
| Last Modified: | 24 Aug 2025 16:41 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/493 |
