Analisis Kepemimpinan Manajerial Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Melalui Budaya Keselamatan Pasien Di RSUD dr. Darsono Pacitan

Trisnawati, Dwi Ayu (2024) Analisis Kepemimpinan Manajerial Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Melalui Budaya Keselamatan Pasien Di RSUD dr. Darsono Pacitan. Masters thesis, IIK STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2024 2151B1014 Dwi Ayu Trisnawati.doc.pdf] Text
2024 2151B1014 Dwi Ayu Trisnawati.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 2151B1014_Cover.pdf] Text
2151B1014_Cover.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 2151B1014_Abstrak.pdf] Text
2151B1014_Abstrak.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 2151B1014_BAB I.pdf] Text
2151B1014_BAB I.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 2151B1014_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
2151B1014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

Keselamatan pasien masih menjadi isu penting karena banyaknya kasus medical error yang terjadi diberbagai belahan dunia. Budaya keselamatan pasien menjadi langkah awal dalam pengembangan keselamatan karena mengandung nilai, sikap, kompetensi dan pola perilaku yang menentukan program keselamatan pasien. Seorang pemimpin harus melakukan upaya untuk mencegah terjadinya cedera dengan mendorong dan menjamin implementasi keselamatan secara terintegrasi. Tingginya implementasi keselamatan atas arahan dari pimpinan akan menciptakan mutu pelayanan yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan manajerial terhadap peningkatan mutu pelayanan rumah sakit melalui budaya keselamatan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasi yang digunakan adalah tenaga kesehatan di RSUD dr. Darsono Pacitan sebanyak 240 orang. Berdasarkan teknik proportionate stratified sampling diperoleh sampel sebanyak 148 orang. Teknik analisis data mengunakan SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 145 (97,97%) responden menilai mutu pelayanan pada kategori baik, 141 (95,27%) responden menilai kepemimpinan manajerial baik dan sebanyak 116 (78,38%) responden menilai budaya keselamatan pasien berada pada kategori cukup. Hasil analisis menunjukkan kepemimpinan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya keselamatan pasien (p-value 0,000), kepemimpinan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu pelayanan (p-value 0,000), budaya keselamatan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan mutu pelayanan rumah sakit (p-value 0,000), budaya keselamatan pasien dapat memediasi hubungan kepemimpinan manajerial dengan mutu pelayanan (p-value 0,000). Budaya keselamatan pasien di RSUD dr. Darsono berada dalam kategori cukup, peran kepemimpinan manajerial dibutuhkan untuk meningkatkan implementasi budaya keselamatan pasien agar mutu pelayanan rumah sakit dapat meningkat dengan optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Manajerial, Mutu Pelayanan, Budaya Keselamatan Pasien, Rumah Sakit
Subjects: W General Medicine, Health Professions > W 84-86 Health Services. Patients and Patient Advocacy
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nunung Liberty
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:59
Last Modified: 25 Aug 2025 02:33
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item
View Item