PENGARUH JENIS LAYANAN RUJUKAN DENGAN KEPUASAN PASIEN IGD DI RS YASYFIN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO

RISTYANINGRUM, SUSI (2025) PENGARUH JENIS LAYANAN RUJUKAN DENGAN KEPUASAN PASIEN IGD DI RS YASYFIN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of Skripsi 231140156 abstrak.pdf] Text
Skripsi 231140156 abstrak.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of Skripsi 231140156 Bab 1.pdf] Text
Skripsi 231140156 Bab 1.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Skripsi 231140156 Daftar Pustaka.pdf] Text
Skripsi 231140156 Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Skripsi 231140156.pdf] Text
Skripsi 231140156.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang: Penguatan pelayanan kesehatan merupakan pilar kedua program Indonesia Sehat dalam Rencana Strategis. Layanan rujukan adalah suatu sistem penyelenggaraan Kesehatan yang melaksanakan pelimpahan tanggung jawab yang timbal balik terhadap satu kasus penyakit atau masalah kesehatan secara vertikal dalam arti dari unit yang berkemampuan kurang kepada unit yang lebih mampu atau secara horizontal dalam arti unit-unit yang setingkat kemampuannya. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Pengaruh Jenis Layanan Rujukan dengan Kepuasan Pasien IGD di RS Yasyfin Darussalam Gontor Ponorogo.
Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian analitik. Populasi adalah Seluruh pasien rujukan IGD di RS Yasyfin Darussalam Gontor Ponorogo sebanyak 110 Pasien. Sampel yang diambil sebanyak 85 responden menggunakan Purposive Sampling. Analisa data yang digunakan adalah chi-square.
Hasil: Hasil penelitian ini yaitu dapat diketahui bahwa hampir setengah responden dengan sistem rujukan layanan SISRUTE dan non SISRUTE 44,7% memiliki tingkat kepuasan yang rendah (<55 %) terhadap sistem rujukan sisrute sebanyak 38 respoden. Berdasarkan chi-square didapatkan nilai tidak signifikan (p value) = 0.924 (> α = 0,05) sehingga dapat disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak yang artinya tidak ada pengaruh jenis layanan rujukan dengan kepuasan pasien di RS Yasyfin Darussalam Gontor tahun 2025.
Saran: Diharapkan agar RS Yasyfin Darussalam Gontor dapat meningkatkan kinerja pelayanan keperawatan sesuai dengan harapan pasien, terutama dengan memperhatikan faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien tersebut.
Kata Kunci: Layanan Rujukan, Kepuasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 150-190 Hospital Administration and Health Facility Administration
Divisions: Fakultas Keperawatan dan Kebidanan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with username hadi
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:53
Last Modified: 25 Jul 2025 03:53
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item
View Item