Analisis Marketing Mix Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Rsud Ploso Jombang

Utami, Yayuk (2024) Analisis Marketing Mix Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Rsud Ploso Jombang. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2071B0007-2024-abstrak.pdf] Text
2071B0007-2024-abstrak.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of 2071B0007-2024-bab1.pdf] Text
2071B0007-2024-bab1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2071B0007-2024-daftarpustaka.pdf] Text
2071B0007-2024-daftarpustaka.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 2071B0007-2024-fulltext.pdf] Text
2071B0007-2024-fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Minat kunjungan ulang pasien menjadi salah satu hal yang penting guna mempertahankan eksistensi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh bauran pemasaran (Marketing Mix) terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan di RSUD Ploso Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pasien baru rawat jalan RSUD Ploso Jombang sebanyak 256 pasien dan sampel sebanyak 73 responden menggunakan Teknik purposive sampling. Variabel dependen (minat kunjungan ulang) dan variabel independent marketing mix yang meliputi (Product, Price, Place, Promotion, Process, People, Physical Evidance). Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis Uji Regresi Logistik. Hasil Penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh antara Product (P- Value = 0.039) dengan hasil uji Wald sebesar 4.242, dan Process (P- Value = 0.039) dengan uji Wald sebesar 4.355 terhadap minat kunjungan ulang, kemudian tidak terdapat pengaruh antara Price (P- Value = 0.418), place Place (P- Value = 0.765), Promotion (P- Value = 0.736), People (P- Value = 0.795), Physical Evidance (P- Value = 0.786) terhadap minat kunjungan ulang. Untuk menarik pasien agar berkunjung ulang Diharapkan agar RSUD Ploso dapat mengoptimalkan produk layanan yang tersedia dengan mengoptimalkan manajemen stok obat dan menjalin Kerjasama dengan pemasok, kemudian mengadakan pelatihan rutin bagi staf medis dan sistem feedback pasien guna meningkatkan ketersediaan obat dan kesesuaian pelayanan bagi pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Rumah Sakit, Pasien Rawat Jalan
Subjects: WA Public Health > WA 900-950 Statistics. Surveys
Divisions: Fakultas FAKAR > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Dyan Suwartiningsih
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:51
Last Modified: 04 Aug 2025 07:51
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item
View Item