Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Marketing Terhadap Pengetahuan Pasien Tentang Pelayanan Rsud “Gambiran” Kota Kediri

Defitria, Layla (2024) Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Marketing Terhadap Pengetahuan Pasien Tentang Pelayanan Rsud “Gambiran” Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2071B0005-2024-abstrak.pdf] Text
2071B0005-2024-abstrak.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 2071B0005-2024-bab1.pdf] Text
2071B0005-2024-bab1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2071B0005-2024-daftarpustaka.pdf] Text
2071B0005-2024-daftarpustaka.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 2071B0005-2024-fulltext.pdf] Text
2071B0005-2024-fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya media sosial dalam penyebaran informasi kesehatan dan edukasi pasien di era digital. Dua Platform media sosial utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah youtube dan instagram, mengingat tingginya tingkat aksesbilitas dan popularitasnya di kalangan masyarakat Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran dalam meningkatkan pengetahuan pasien tentang pelayanan di RSUD Gambiran Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif dengan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada pasien sebelum dan sesudah mereka menerima informasi melalui postingan media sosial RSUD Gambiran. Analisis data dilakukan untuk mengidentifikasi perubahan pengetahuan pasien mengenai pelayanan rumah sakit setelah intervensi media sosial. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan dengan perbedaan rata-rata sebesar -33,033 dan nilai signifikansi 0,000. Media sosial terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan pasien mengenai pelayanan rumah sakit. Dengan demikian, penggunaan media sosial sebagai media markting terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan pasien mengenai pelayanan rawat jalan di RSUD Gambiran, sehingga perlu mempertahankan dan selalu meningkatkan kualitas serta mengevaluasi program tersebut agar dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan pasien, serta memperkuat citra dan reputasi rumah sakit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Sosial, Marketing, Pengetahuan Pasien
Subjects: W General Medicine, Health Professions > W 84-86 Health Services. Patients and Patient Advocacy
Divisions: Fakultas FAKAR > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Dyan Suwartiningsih
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:28
Last Modified: 05 Aug 2025 02:28
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item
View Item