Analisis Layanan Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Gambiran Kota Kediri

Awanda, Prisca (2024) Analisis Layanan Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Gambiran Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2071B0003-2024-abstrak.pdf] Text
2071B0003-2024-abstrak.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 2071B0003-2024-bab1.pdf] Text
2071B0003-2024-bab1.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 2071B0003-2024-daftarpustaka.pdf] Text
2071B0003-2024-daftarpustaka.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 2071B0003-2024-fulltext.pdf] Text
2071B0003-2024-fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan adalah tingkat keadaan dimana dirasakan seseorang yang merupakan hasil dari membandingkan penampilan atau outcome produk atau jasa yang dirasakan dalam hubungannya dengan harapan seseorang. Penelitian ini dilaksanakan di rumah sakit RSUD Gambiran Kota Kediri pada bulan April 2023 hingga bulan Mei 2024. Populasi penelitian ini sebanyak 1000 dan terdapat jumlah sampel sebanyak 286 orang dengan menggunakan metode slovin. Metode yang digunakan dalam mengukur kepuasan adalah dengan menggunakan 5 dimensi EndUser Computing Statisfaction (EUCS) yaitu content (isi), accuracy (keakuratan), format (tampilan), end of use (kemudahan pengguna dalam menggunakan sistem), dan timeliness (ketepatan waktu). Jenis data kuantitatif yang berasal dari data kualitatif (menyebarkan kuisoner ke responden). Adapun hasil analisis variabel dependent yaitu Layanan sistem Anjungan Pendataran Mandiri (APM) di RSUD Gambiran Kota Kediri masuk dalam kategori berkualitas, dengan nilai sebesar 42,5% dan termasuk dalam kategori berkualitas. Untuk variabel independent yaitu kepuasan pasien rawat jalan yang menggunakan sytem Anjungan Pendaftaran Mandiri memiliki pengaruh sangat tinggi terhadap kepuasan pasien yang mengunakan system pendafataran anjungan mandiri (APM) RSUD Gambiran Kota Kediri dengan diperoleh hasil analisis yaitu sebesar 52,1% termasuk dalam kategori puas. Hasil analisis data menggunakan korelasi person didapatkan bahwa p-value 0,000< 0,05 yang artinya Ho ditolak yaitu ada hubungan antara Layanan APM dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Gambiran Kota Kediri, Selain itu hasil koefisien korelasi person (r) didapatkan arah yang positif dengan kekuatan hubungan cukup, yang artinya dapat meningkatkan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Gambiran Kota Kediri. Saran pada penelitian ini pihak RSUD perlu melakukan sosialisasi secara berulang-ulang kepada pasien baru, lansia serta pasien yang belum cukup mudah dalam menggunakan anjungan pendafatran dengan menggunakan media video tutorial di sisi layar pendaftaran, sehingga pasien yang mendaftar tidak lagi di bantu oleh petugas pendaftaran dan SDM tersebut dapat di efisiensikan untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: APM, kepuasan pasien, rumah sakit
Subjects: W General Medicine, Health Professions > W 84-86 Health Services. Patients and Patient Advocacy
Divisions: Fakultas FAKAR > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Dyan Suwartiningsih
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:51
Last Modified: 05 Aug 2025 04:51
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item
View Item