Azizah, Anggun Nur (2024) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Layanan Antar Obat Di Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kediri. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.
2061B0026-2024-abstrak.pdf
Download (182kB)
2061B0026-2024-bab1.pdf
Download (740kB)
2061B0026-2024-daftarpustaka.pdf
Download (366kB)
2061B0026-2024-fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pengantar: Rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan personal maupun paripurna, pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan faktor penting dalam kebutuhan pasien. Kualitas layanan kesehatan dan kepuasan pasien masih belum tercapai secara maksimal, sehingga sarana penyedia layanan kesehatan menciptakan layanan inovasi untuk memenuhi kebutuhan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kualitas Layanan Antar Obat terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan di Kota Kediri. Objektif: Melihat pengaruh antar variabel kualitas layanan antar obat. Metode: Desain penelitian ini adalah cross-sectional dengan pengambilan data secara kuisioner menggunakan Google Form dan kuisioner fisik. Indikator kuisioner terdiri dari; berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Skor kuisioner terdiri dari; tidak puas, kurang puas, puas, sangat puas. Data diambil di Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan di Kota Kediri. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji korelasi spearman. Hasil: Analisis data dari penelitian cross-sectional menunjukkan nilai signifikansi 0.00 pada semua variabel, dengan 0.00<0.05, hal ini menunjukkan adanya pengaruh variabel; berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pasien. Analisis korelasi spearman menunjukkan hasil secara beruntut 1.000, 0.480, 0.545, 0.454, 0.490, dan 0.345 terhadap variabel berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan kepuasan pasien, nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai korelasi antara variable terhadap kepuasan pasien secara beruntut adalah cukup. Kesimpulan: Layanan Antar Obat terdapat hubungan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan di Kota Kediri yang memiliki nilai tingkat cukup.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Layanan Kesehatan, Kepuasan, Cross-sectional, Penghantaran Obat |
| Subjects: | WB Practice of Medicine > WB 1-117 Reference Works. General Works |
| Divisions: | Fakultas FAKAR > S1 Farmasi |
| Depositing User: | Dyan Suwartiningsih |
| Date Deposited: | 09 Aug 2025 04:41 |
| Last Modified: | 09 Aug 2025 04:41 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/643 |
