Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Layanan Antar Obat Di Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kediri

Azizah, Anggun Nur (2024) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Layanan Antar Obat Di Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kediri. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2061B0026-2024-abstrak.pdf] Text
2061B0026-2024-abstrak.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 2061B0026-2024-bab1.pdf] Text
2061B0026-2024-bab1.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of 2061B0026-2024-daftarpustaka.pdf] Text
2061B0026-2024-daftarpustaka.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 2061B0026-2024-fulltext.pdf] Text
2061B0026-2024-fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengantar: Rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan personal maupun paripurna, pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan faktor penting dalam kebutuhan pasien. Kualitas layanan kesehatan dan kepuasan pasien masih belum tercapai secara maksimal, sehingga sarana penyedia layanan kesehatan menciptakan layanan inovasi untuk memenuhi kebutuhan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kualitas Layanan Antar Obat terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan di Kota Kediri. Objektif: Melihat pengaruh antar variabel kualitas layanan antar obat. Metode: Desain penelitian ini adalah cross-sectional dengan pengambilan data secara kuisioner menggunakan Google Form dan kuisioner fisik. Indikator kuisioner terdiri dari; berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Skor kuisioner terdiri dari; tidak puas, kurang puas, puas, sangat puas. Data diambil di Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan di Kota Kediri. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji korelasi spearman. Hasil: Analisis data dari penelitian cross-sectional menunjukkan nilai signifikansi 0.00 pada semua variabel, dengan 0.00<0.05, hal ini menunjukkan adanya pengaruh variabel; berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pasien. Analisis korelasi spearman menunjukkan hasil secara beruntut 1.000, 0.480, 0.545, 0.454, 0.490, dan 0.345 terhadap variabel berwujud, kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan kepuasan pasien, nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai korelasi antara variable terhadap kepuasan pasien secara beruntut adalah cukup. Kesimpulan: Layanan Antar Obat terdapat hubungan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan di Kota Kediri yang memiliki nilai tingkat cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layanan Kesehatan, Kepuasan, Cross-sectional, Penghantaran Obat
Subjects: WB Practice of Medicine > WB 1-117 Reference Works. General Works
Divisions: Fakultas FAKAR > S1 Farmasi
Depositing User: Dyan Suwartiningsih
Date Deposited: 09 Aug 2025 04:41
Last Modified: 09 Aug 2025 04:41
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item
View Item