Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Geriatri Ditinjau Dari Mutu Pelayanan, Persepsi Dan Respon Time Di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang

Maila, Izzah El (2020) Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Geriatri Ditinjau Dari Mutu Pelayanan, Persepsi Dan Respon Time Di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang. Masters thesis, Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2020 1851B0020 IZZAH EL MAILA.pdf] Text
2020 1851B0020 IZZAH EL MAILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1851B0020 Cover.pdf] Text
1851B0020 Cover.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 1851B0020 Abstrak.pdf] Text
1851B0020 Abstrak.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1851B0020 Bab 1.pdf] Text
1851B0020 Bab 1.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 1851B0020 Daftar Pustaka.pdf] Text
1851B0020 Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)

Abstract

Peranan petugas kesehatan dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan sangatlah penting khususnya sebagai tenaga pelaksana pelayanan kesehatan, sehingga wajar bila kemampuan dan kinerja tenaga kesehatan sebagai salah satu penentu keberhasilan dalam pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kepuasan pasien rawat jalan ditinjau dari mutu pelayanan, perepsi dan respon time di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional dengan fokus penelitiannya diarahkan untuk akan menganalisis kepuasan pasien rawat jalan ditinjau dari mutu pelayanan, perepsi dan respon time di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang dengan populasi sejumlah 157 responden dan sampel sebanyak 105 responden yang diambil dengan teknik Accidental Sampling. Hasil temuan didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki mutu pelayanan kategori baik sebanyak 58 responden (55,2%). Sebagian besar responden memiliki persepsi kategori baik sebanyak 58 responden (55,2%). Sebagian besar responden memiliki respon time kategori cepat sebanyak 92 responden (87,6%). Sebagian besar responden memiliki kepuasan kategori puas sebanyak 60 responden (57,1%). Berdasarkan hasil analisis Regresi Linear Berganda menunjukkan bahwa dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 maka H1 diterima jadi disimpulkan bahwa secara simultan ada pengaruh mutu pelayanan, perepsi dan respon time terhadap kepuasan pasien rawat jalan geriatri di Puskesmas Karangpploso Kabupaten Malang dengan besaran pengaruh 84%.
Dalam kepuasan pasien dipengaruhi oleh berbagai hal, hal tersebut yaitu kesesuaian antara harapan pasien dan kenyataan yang pasien temui di lapangan, yang kedua bentuk pelayanan selama proses jasa diberikan oleh petugas kesehatan dan ketanggapan petugas kesehatan dengan pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Mutu Pelayanan, Persepsi & Respon Time
Subjects: WT Geriatrics > WWT 1-100 Reference Works. General Works
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nunung Liberty
Date Deposited: 24 Aug 2025 15:23
Last Modified: 25 Aug 2025 06:25
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item
View Item