Maila, Izzah El (2020) Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Geriatri Ditinjau Dari Mutu Pelayanan, Persepsi Dan Respon Time Di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang. Masters thesis, Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia.
2020 1851B0020 IZZAH EL MAILA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1851B0020 Cover.pdf
Download (133kB)
1851B0020 Abstrak.pdf
Download (224kB)
1851B0020 Bab 1.pdf
Download (300kB)
1851B0020 Daftar Pustaka.pdf
Download (212kB)
Abstract
Peranan petugas kesehatan dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan sangatlah penting khususnya sebagai tenaga pelaksana pelayanan kesehatan, sehingga wajar bila kemampuan dan kinerja tenaga kesehatan sebagai salah satu penentu keberhasilan dalam pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kepuasan pasien rawat jalan ditinjau dari mutu pelayanan, perepsi dan respon time di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional dengan fokus penelitiannya diarahkan untuk akan menganalisis kepuasan pasien rawat jalan ditinjau dari mutu pelayanan, perepsi dan respon time di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang dengan populasi sejumlah 157 responden dan sampel sebanyak 105 responden yang diambil dengan teknik Accidental Sampling. Hasil temuan didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki mutu pelayanan kategori baik sebanyak 58 responden (55,2%). Sebagian besar responden memiliki persepsi kategori baik sebanyak 58 responden (55,2%). Sebagian besar responden memiliki respon time kategori cepat sebanyak 92 responden (87,6%). Sebagian besar responden memiliki kepuasan kategori puas sebanyak 60 responden (57,1%). Berdasarkan hasil analisis Regresi Linear Berganda menunjukkan bahwa dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 maka H1 diterima jadi disimpulkan bahwa secara simultan ada pengaruh mutu pelayanan, perepsi dan respon time terhadap kepuasan pasien rawat jalan geriatri di Puskesmas Karangpploso Kabupaten Malang dengan besaran pengaruh 84%.
Dalam kepuasan pasien dipengaruhi oleh berbagai hal, hal tersebut yaitu kesesuaian antara harapan pasien dan kenyataan yang pasien temui di lapangan, yang kedua bentuk pelayanan selama proses jasa diberikan oleh petugas kesehatan dan ketanggapan petugas kesehatan dengan pasien.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Mutu Pelayanan, Persepsi & Respon Time |
| Subjects: | WT Geriatrics > WWT 1-100 Reference Works. General Works |
| Divisions: | Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Nunung Liberty |
| Date Deposited: | 24 Aug 2025 15:23 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 06:25 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/685 |
