HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH DI TK DAN KB IT AL WIDAD KECAMATAN PANGAKALAN LADA

Wulandari, Seftithe (2025) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH DI TK DAN KB IT AL WIDAD KECAMATAN PANGAKALAN LADA. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of Skripsi 238140169 abstrak.pdf] Text
Skripsi 238140169 abstrak.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of Skripsi 238140169 bab 1.pdf] Text
Skripsi 238140169 bab 1.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Skripsi 238140169 daftar pustaka.pdf] Text
Skripsi 238140169 daftar pustaka.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of Skripsi 238140169.pdf] Text
Skripsi 238140169.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)

Abstract

Masa usia prasekolah merupakan periode emas yang dapat menentukan kualitas hidup di masa akan datang. Masalah perkembangan perilaku kognitif anak prasekolah di Indonesia pada masa kini sering dijumpai dan membutuhkan diagnosis awal serta pengenalan tanda – tanda gangguan perkembangan. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan orang tua terhadap perkembangan perilaku kognitif anak usia prasekolah di TK dan KB IT AL Widad. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode cross sectional, pengambilan sampel dengan purposive sampling, analisa data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan dari 110 responden dengan menilai perilaku kognitif menggunakan instrumen kuesioner perilaku anak prasekolah (KPAP), didapatkan sebagian besar responden memiliki anak dengan kelainan perilaku sebesar 56,4% (62 responden). Dan responden berdasarkan taraf tingkat pendidikan tertentu, sebagian besar berada pada tingkat pendidikan menengah memiliki anak dengan kelainan perilaku 34,5% (38 reponden), diikuti tingkat Pendidikan dasar dengan persentase 21,8% (24 responden), sedangkan tidak ada anak yang memiliki kelainan perilaku pada responden dengan tingkat pendidikan tinggi. Analisis menggunakan uji statistik chi-square didapatkan hasik p=0,000 (<0,05) yang menunjukkan ada pengaruh signifikan hubungan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap perkembangan perilaku kognitif anak usia prasekolah di TK dan KB IT AL Widad Kecamatan Pangkalan Lada. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan yang menunjukkan hubungan tingkat pendidikan orang tua terhadap perkembangan perilaku kognitif anak usia prasekolah. Tingkat pendidikan orang tua berperan penting dalam faktor perkembangan anak dalam berbagai aspek memberikan informasi serta wawasan untuk menunjang perilaku kognitif anak pada usia dini.

Kata Kunci : Tingkat Pendidikan, Perilaku Kognitif Anak Prasekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: WS Pediatrics > WS 1-100 Reference Works. General Works
Divisions: Fakultas Keperawatan dan Kebidanan > S1 Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with username hadi
Date Deposited: 27 Aug 2025 07:27
Last Modified: 27 Aug 2025 07:27
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item
View Item