Efektivitas Edukasi Gizi Seimbang Dalam Upaya Pencegahan Obesitas Pada Siswa SMKN 01 Gemarang

Amanda, Egi (2024) Efektivitas Edukasi Gizi Seimbang Dalam Upaya Pencegahan Obesitas Pada Siswa SMKN 01 Gemarang. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2021B0008-2024-abstrak.pdf] Text
2021B0008-2024-abstrak.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 2021B0008-2024-bab1.pdf] Text
2021B0008-2024-bab1.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of 2021B0008-2024-daftarpustaka.pdf] Text
2021B0008-2024-daftarpustaka.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of 2021B0008-2024-full.pdf] Text
2021B0008-2024-full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMKN 01 Gemarang bahwa siswa yang memiliki berat badan yang tidak sesuai dengan tinggi badan / bisa dikatakan overwight dengan rata 130 siswa dari 223 siswa mengalami kenaikan berat badan secara derastis. Dan hasil wawancara dengan beberapa siswa menunjukkan bahwa pola makannya tidak teratur dengan asupan gizi berlebih yang akan berisiko mengalami obesitas Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan edukasi tentang gizi seimbang sebagai upaya dalam pencegahan obesitas. jenis penelitian kuantitatif dengan desain studi eksperim pre experimental desaigns denan jenis one group pretest posttest. Populasi penelitian adalah seluruh Siswa SMKN 1 Gemarang sebanyak 223 siswa dengan sampel 143 responden yang ditentukan dengan teknik random sampling. Variabel independentnya edukasi gizi seimbang serta variabel dependentnya pengetahuan dan sikap. pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan Uji Wilcoxson Dari hasil penelitian diketahui nilai rata-rata pengetahuan siswa sebelum pemberian edukasi 3,43 dan setelah pemberian edukasi 5,1. Sedangkan nilai rata-rata sikap siswa sebelum diberikan edukasi adalah 24,55 dan setelah pemberian edukasi 31,18. Hasil analisis data pengetahuan dan sikap sama-sama 0,000 0lebih kecil dari alpha 0,05. artinya ada perbedaan pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi seimbang. Peningkatan pengetahuan dan sikap diharapkan dapat memberikan perubahan yang bersifat baik jangka pendek maupun jangka panjang bagi siswa agar mereka mampu menerapkan perilaku hidup yang lebih sehat dengan pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang sebagai upayah pencegahan obesitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: edukasi gizi seimbang, pengetahuan, sikap
Subjects: W General Medicine, Health Professions > W 68-81 Access to Health Information and Health Care. Medical Economics
Divisions: Fakultas FAKAR > S1 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Dyan Suwartiningsih
Date Deposited: 27 Aug 2025 07:36
Last Modified: 27 Aug 2025 07:36
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item
View Item