Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Dan Pelatihan Soft Skill Tenaga Keperawatan Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit Restu Kasih

Kusumawardani, Nila (2024) Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Dan Pelatihan Soft Skill Tenaga Keperawatan Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit Restu Kasih. Masters thesis, IIK STRADA Indonesia.

[thumbnail of cover 225212080.pdf] Text
cover 225212080.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of abstrak 225212080.pdf] Text
abstrak 225212080.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of BAB 1 225212080.pdf] Text
BAB 1 225212080.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA 225212080.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA 225212080.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of full text 225212080.pdf] Text
full text 225212080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendahuluan: Mutu pelayanan keperawatan adalah aspek penting dalam menentukan kualitas perawatan. Strategi perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan, sehingga dapat meningkatkan performa layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran e-learning dan pelatihan soft skill tenaga keperawatan terhadap mutu pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Restu Kasih. Metode: Jenis penelitian true experimental dengan pendekatan pre-post test control group design. Populasi sebanyak 161 tenaga keperawatan dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 115 orang. Alat ukur menggunakan kuesioner dengan analisa uji paired t test. Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa sebelum dilakukan pembelajaran e-learning pada kelompok intervensi menunjukkan hampir seluruhnya mutu cukup sebanyak 52 orang (89,7%). Sebelum dilakukan pelatihan soft skill pada kelompok kontrol menunjukkan hampir seluruhnya mutu cukup sebanyak 48 orang (84,2%). Sesudah dilakukan pembelajaran e-learning pada kelompok intervensi menunjukkan hampir seluruhnya mutu baik sebanyak 51 orang (87,9%). Sesudah dilakukan pelatihan soft skill pada kelompok kontrol menunjukkan hampir seluruhnya mutu cukup sebanyak 48 orang (84,2%). Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran e-learning dan pelatihan soft skill tenaga keperawatan terhadap mutu pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Restu Kasih dengan p-value 0,000 (<0,05). Kesimpulan: Pembelajaran e-learning lebih berpengaruh dibandingkan dengan pelatihan soft skill terhadap mutu pelayanan keperawatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran e-learning, pelatihan soft skill, mutu pelayanan keperawatan
Subjects: WY Nursing > WY 90-100.7 Referral. Nursing Care, Assessment and Audit
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Keperawatan
Depositing User: Nunung Liberty
Date Deposited: 24 Sep 2024 05:35
Last Modified: 24 Aug 2025 15:40
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item
View Item