PENERAPAN SPAB (SATUAN PENDIDIK AMAN BENCANA) DENGAN METODE ROLEPLAY TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA ANAK (PMR) PALANG MERAH REMAJA SMPN 1 KOTA KEDIRI

Septiningtiyas, Anisa (2024) PENERAPAN SPAB (SATUAN PENDIDIK AMAN BENCANA) DENGAN METODE ROLEPLAY TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA ANAK (PMR) PALANG MERAH REMAJA SMPN 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, IIK STRADA Indonesia.

[thumbnail of ANISA SEPTININGTIYAS daftar pustaka.pdf] Text
ANISA SEPTININGTIYAS daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ANISA SEPTININGTIYAS Bab 1.pdf] Text
ANISA SEPTININGTIYAS Bab 1.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of ANISA SEPTININGTIYAS Abstrak.pdf] Text
ANISA SEPTININGTIYAS Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ANISA SEPTININGTIYAS.pdf] Text
ANISA SEPTININGTIYAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of ANISA SEPTININGTIYAS Lampiran.pdf] Text
ANISA SEPTININGTIYAS Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENERAPAN SPAB (SATUAN PENDIDIK AMAN BENCANA) DENGAN METODE ROLEPLAY TERHADAP PENGETAHUAN DAN KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA ANAK (PMR) PALANG MERAH REMAJA SMPN 1 KOTA KEDIRI

Anisa Septiningtiyas, Wahyu Purnama Wijaya, Intan Fazrin
Universitas Strada Indonesia
nanisasepti@gmail.com, intan86fazrin@gmail.com
Anak-anak berisiko lebih tinggi menderita trauma dan tekanan jika dibandingkan orang dewasa. Pendidikan bencana untuk semua kalangan termasuk anak anak adalah suatu keharusan. Tujuan khusus penelitian ini untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah intervensi, mengidentifikasi kesiapsiagaan bencana sebelum dan sesudah intervvensi, dan menganalisis pengaruh penerapan SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana) dengan metode roleplay pada anggota Palang Merah Remaja (PMR) di SMPN 1 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-post questionnaire melalui G.form. Populasi penelitian ada 50 siswa, dengan sampel sebanyak 44 siswa yang dipilih secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pretest tingkat pengetahuan siswa berada pada kategori baik sebesar 82%, dan posttest tingkat pengetahuan meningkat menjadi 100%. Kesiapsiagaan siswa dalam kategori sangat siap pretest dan observasi adalah 11%, dan meningkat menjadi 61% posttest dan observasi. Untuk kategori siap pretest observasi mendapatkan hasil yaitu 35% meningkat menjadi 39% untuk hasil posttest observasi. Hasil uji statistik menunjukkan nilai p-value sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05, sehingga pernyataan H1 yaitu adanya pengaruh signifikan dalam peningkatan pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana pada siswa setelah intervensi dinyatakan benar dan bisa di aplikasikan. Keberhasilan ini didukung oleh partisipasi aktif siswa, dukungan sekolah, serta keterlibatan guru, staf, dan lingkungan sekolah dalam implementasi SPAB. Diharapkan sekolah dapat secara mandiri melakukan upaya penyelamatan saat terjadi bencana dan mengurangi risiko korban di kalangan siswa.
Kata kunci : SPAB, Kebencanaan, Gempa Bumi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: WS Pediatrics > WS 106-110 Exceptional Child
Divisions: Fakultas Keperawatan dan Kebidanan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with username hadi
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:59
Last Modified: 11 Oct 2024 07:59
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item
View Item