PENGARUH EDUKASI TENTANG MENSTRUASI MENGGUNAKAN MEDIA EDUTAINMENT TERHADAP SELF EFFICACY SISWI DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SDN TENGGULUNAN KABUPATEN SIDOARJO

SIRIAH, FADILATUS (2023) PENGARUH EDUKASI TENTANG MENSTRUASI MENGGUNAKAN MEDIA EDUTAINMENT TERHADAP SELF EFFICACY SISWI DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SDN TENGGULUNAN KABUPATEN SIDOARJO. Other thesis, IIK STRADA INDONESIA.

[thumbnail of ABSTRAK INDONESIA - fadilatus siriah.docx] Text
ABSTRAK INDONESIA - fadilatus siriah.docx

Download (16kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of FULLL.pdf] Text
FULLL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[thumbnail of DAPUS DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAPUS DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Remaja putri yang belum siap menghadapi menarche mempunyai asumsi negatif seperti timbul perasaan takut, cemas, gelisah dan malu ketika menghadapi menarche. munculnya asumsi negative tersebut dilatar belakangi adanya factor self efficacy yang rendah. Self efficacy yang rendah disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya informasi tentang menarche baik dari tenaga kesehatan, orang tua dan teman sebaya.
Tujuan : Menganalisis pengaruh dan perbedaan edukasi tentang menstruasi menggunakan media edutainment terhadap self efficacy siswi dalam menghadapi menarche di SDN Tenggulunan Kabupaten Sidoarjo.
Metode : Menggunakan Quasy Eksperimental Design dengan two group pretest - posttes design. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Subjek penelitian ini adalah remaja putri yang belum mengalami menarche dan memenuhi kriteria sejumlah 34 responden, yaitu 17 kelompok kontrol dan 17 kelompok intervensi. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji mann whitney.
Hasil : Hasil analisis menunjukan adanya pengaruh edukasi tentang menstruasi dengan media edutainment terhadap self efficacy siswi dalam menghadapi menarche di SDN Tenggulunan Kabupaten sidoarjo pada kelompok intervensi dengan nilai P value 0,001 (<0,05), dan tidak terdapat pengaruh pada kelompok kontrol dengan nilai P value 0.160 (>0.05). Hasil uji mann-whitney di dapatkan nilai p value 0,001 (<0.05), yang berarti terdapat perbedaan self efficacy siswi dalam menghadapi menarche pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi sesudah diberikan edukasi.
Kesimpulan : Pemberian edukasi mengunakan media edutainment berupa video animasi terhadap self efficacy siswi dalam menghadapi menarche sangat efektif, karena setelah diberikan edukasi tersebut pada kelompok intervensi siswi mampu untuk menghadapi menarche dan tahu bagaimana menangani saat mengalami menarche serta siswi lebih memiliki kepercayaan diri sebelum mengalami menarche.

Kata Kunci : Menarche, Edukasi, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: WQ Obstetrics > WQ 200-212 Reproduction. Pregnancy
Divisions: Fakultas Keperawatan dan Kebidanan > S1 Kebidanan
Depositing User: Awaludin Jihad
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:53
Last Modified: 16 Oct 2024 02:53
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item
View Item