Utomo, Bakator Citro (2024) Studi Pembagian Shift Kerja Perawat Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit. Undergraduate thesis, Universitas STRADA Indonesia.
227160002-2024-abstrak.pdf
Download (284kB)
227160002-2024-bab1.pdf
Download (290kB)
227160002-2024-daftarpustaka.pdf
Download (291kB)
227160002-2024-full.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (728kB)
Abstract
Sistem shift adalah suatu sistem pengaturan kerja yang memberi peluang untuk memanfaatkan keseluruhan waktu yang tersedia untuk mengoperasikan pekerjaan. Shift kerja merupakan ciri rutin dari setiap rumah sakit, perusahaan dan banyak sektor lainya dan akan benar-benar tidak terelakkan dimasa depan jika tingkat pertumbuhan dan perkembangan industri akan meningkat. Sedangkan mutu pelayanan kesehatan adalah derajat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber daya yang tersedia di rumah sakit atau puskesmas secara wajar, efisiensi, dan efektif serta diberikan secara aman memuaskan secara norma, etika, hukum, dan etika budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah, serta masyarakat konsumen. Dengan mutu pelayanan tenaga kesehatan yang bagus dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pengguna layanan kesehatan akan memberikan sebuah timbal balik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui shift kerja perawat dan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit bedasarkan litelature review. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif analitik berdasarkan studi literature review. metode studi literature review adalah serangkain kegiatan dengan metode pengumpulan data pustaka membaca mencatat serta mengolah bahan penelitian. Dari 10 jurnal yang penulis review, shift kerja berpengaruh dengan kelelahan kerja di 2 jurnal dengan 1 jurnal hasil signifikan (Siregar & Wenehenubun, 2019) dan 1 jurnal hasil tidak signifikan (Ginting & Malinti 2021), kinerja kerja di 3 jurnal dengan hasil signifikan (Ramadhani dkk, 2021), (Irma dkk, 2022), (Wila dkk, 2021), dan motivasi kerja di 1 jurnal dengan hasil signifikan (Ramadhani dkk, 2021). Mutu pelayanan kesehatan berpengaruh dengan kepuasan pasien dengan 4 jurnal dengan hasil signifikan (Astari dkk, 2021), (Pasalli & Patattan, 2021), (Ahmad dkk, 2021), (Setiawan dkk, 2022) dan kinerja perawat dengan 1 jurnal dengan hasil signifikan (Asmi & Haris, 2020). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah hubungan antara shift kerja dan mutu pelayanan kesehatan berhubungan secara tidak langsung. Namun, melalui perantara stress kerja, kelelahan kerja, kinerja kerja, kepuasan pasien, dan lain sebagainya
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Shift Kerja, Mutu Pelayanan, Rumah Sakit |
| Subjects: | W General Medicine, Health Professions > W 84-86 Health Services. Patients and Patient Advocacy |
| Divisions: | Fakultas FAKAR > S1 Administrasi Rumah Sakit |
| Depositing User: | Dyan Suwartiningsih |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 02:39 |
| Last Modified: | 16 Jun 2025 02:39 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/428 |
