Wulandari, Meidya Sri (2024) Strategi Experiential Marketing Untuk Peningkatan Kunjungan Pasien Di Poli Gigi Umum Klinik Pratama Bunda Medika Tulungagung. Masters thesis, IIK STRADA Indonesia.
2024 2151B2049 MEIDYA SRI WULANDARI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
2151B2049_Cover.pdf
Download (166kB)
2151B2049_Abstrak.pdf
Download (211kB)
2151B2049_BAB 1.pdf
Download (303kB)
2151B2049_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (247kB)
Abstract
Tren kunjungan pasien poli gigi umum Klinik Pratama Bunda Medika tahun 2018-2022 mengalami penurunan. Permasalahan ini dapat diidentifikasi dengan mengetahui penyebab masih rendahnya pelayanan poli gigi dengan pendekatan konsep experiential marketing. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh faktor internal poli gigi (sumber daya manusia, fasilitas medis dan non medis, tarif pelayanan) dan harapan pasien (customer expectation) terhadap pengalaman pasien (customer experience). Penelitian dengan pendekatan analitik observasional, menggunakan rancang bangun cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien poli gigi umum Klinik Pratama Bunda Medika Tulungagung yang pernah mendapatkan perawatan serta memenuhi kriteria inklusi dengan teknik simple random sampling. Sesuai dengan perhitungan rumus Slovin, pada penelitian ini akan digunakan sampel sebanyak 128 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara faktor internal dengan customer experience yaitu sumber daya manusia dengan nilai 0,00 (p<0,05), fasilitas medis dan non medis dengan nilai 0,008 (p<0,05), tarif pelayanan dengan nilai 0,031 (p<0,05). Terdapat pengaruh signifikan think customer expectation dengan think customer experience dengan nilai 0,011 (p<0,05) dan sense customer expectation dengan relate customer experience dengan nilai 0,046 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian, Manajemen Klinik Pratama Bunda Medika Tulungagung perlu melakukan evaluasi dan perbaikan untuk meningkatkan experience yang positif bagi pasien sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan pasien.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Faktor Internal, Customer Expectation, Customer Experience, Klinik |
| Subjects: | W General Medicine, Health Professions > W 68-81 Access to Health Information and Health Care. Medical Economics WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 1-100 Reference Works. General Work |
| Divisions: | Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat |
| Depositing User: | Nunung Liberty |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 06:42 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 02:36 |
| URI: | http://repository.strada.ac.id/id/eprint/491 |
