Strategi Experiential Marketing Untuk Peningkatan Kunjungan Pasien Di Poli Gigi Umum Klinik Pratama Bunda Medika Tulungagung

Wulandari, Meidya Sri (2024) Strategi Experiential Marketing Untuk Peningkatan Kunjungan Pasien Di Poli Gigi Umum Klinik Pratama Bunda Medika Tulungagung. Masters thesis, IIK STRADA Indonesia.

[thumbnail of 2024 2151B2049 MEIDYA SRI WULANDARI.docx.pdf] Text
2024 2151B2049 MEIDYA SRI WULANDARI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 2151B2049_Cover.pdf] Text
2151B2049_Cover.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 2151B2049_Abstrak.pdf] Text
2151B2049_Abstrak.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 2151B2049_BAB 1.pdf] Text
2151B2049_BAB 1.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of 2151B2049_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
2151B2049_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

Tren kunjungan pasien poli gigi umum Klinik Pratama Bunda Medika tahun 2018-2022 mengalami penurunan. Permasalahan ini dapat diidentifikasi dengan mengetahui penyebab masih rendahnya pelayanan poli gigi dengan pendekatan konsep experiential marketing. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh faktor internal poli gigi (sumber daya manusia, fasilitas medis dan non medis, tarif pelayanan) dan harapan pasien (customer expectation) terhadap pengalaman pasien (customer experience). Penelitian dengan pendekatan analitik observasional, menggunakan rancang bangun cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien poli gigi umum Klinik Pratama Bunda Medika Tulungagung yang pernah mendapatkan perawatan serta memenuhi kriteria inklusi dengan teknik simple random sampling. Sesuai dengan perhitungan rumus Slovin, pada penelitian ini akan digunakan sampel sebanyak 128 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara faktor internal dengan customer experience yaitu sumber daya manusia dengan nilai 0,00 (p<0,05), fasilitas medis dan non medis dengan nilai 0,008 (p<0,05), tarif pelayanan dengan nilai 0,031 (p<0,05). Terdapat pengaruh signifikan think customer expectation dengan think customer experience dengan nilai 0,011 (p<0,05) dan sense customer expectation dengan relate customer experience dengan nilai 0,046 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian, Manajemen Klinik Pratama Bunda Medika Tulungagung perlu melakukan evaluasi dan perbaikan untuk meningkatkan experience yang positif bagi pasien sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal, Customer Expectation, Customer Experience, Klinik
Subjects: W General Medicine, Health Professions > W 68-81 Access to Health Information and Health Care. Medical Economics
WX Hospitals and Other Health Facilities > WX 1-100 Reference Works. General Work
Divisions: Fakultas Pascasarjana > S2 Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Nunung Liberty
Date Deposited: 16 Jun 2025 06:42
Last Modified: 25 Aug 2025 02:36
URI: http://repository.strada.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item
View Item